DPRD Kabupaten PPUPPU

Syamsuddin Alie Dorong Percepatan Pembangunan Bandungan Telake untuk Dukung Sektor Pangan

272
×

Syamsuddin Alie Dorong Percepatan Pembangunan Bandungan Telake untuk Dukung Sektor Pangan

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD PPU, Syamsuddin Alie

Timeskaltim.com, Penajam – Anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Syamsuddin Alie, kembali soroti urgensi percepatan pembangunan Bandungan Telake di Kecamatan Babulu, PPU, sebagai langkah penting dalam mendukung sektor pangan di daerah tersebut.

Menurut Syamsuddin Alie, sektor pangan memiliki peran krusial dalam perekonomian PPU, yang juga akan berkontribusi terhadap pasokan pangan bagi masyarakat di Ibu Kota Nusantara (IKN) di masa mendatang.

“Dalam situasi ketidakpastian harga pangan saat ini, pembangunan Bandungan Telake menjadi prioritas untuk memastikan ketersediaan lahan pertanian,” Ujarnya pada Kamis (25/4/2024).

Syamsuddin menjelaskan bahwa ekonomi saat ini sangat tergantung pada sektor pangan, yang menjadi kebutuhan utama masyarakat. Oleh karena itu, percepatan pembangunan tersebut menjadi dukungan yang vital untuk masa depan.

“Kehadiran IKN menambah urgensi, karena arus migrasi ke Kaltim meningkat namun pasokan pangan masih bergantung pada impor,” tambahnya.

Lebih lanjut, Syamsuddin menekankan pentingnya pembangunan Bandungan Telake sebagai respons terhadap pergeseran lahan dari pertanian ke perkebunan.

“Kita tidak bisa mengabaikan fakta bahwa banyak lahan pertanian beralih fungsi, yang mengakibatkan petani sulit memenuhi kebutuhan pangan mereka,” katanya.

“Kami berharap pembangunan ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian, termasuk adopsi pola tanam yang lebih intensif seperti di beberapa daerah di Sulawesi dan Jawa,” lanjutnya.

Dengan demikian, langkah-langkah seperti percepatan pembangunan Bandungan Telake menjadi kunci dalam memastikan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani di PPU, serta mendukung visi pembangunan jangka panjang daerah PPU. (Adv/Aby)

error: Content is protected !!