Diskominfo Kukar

Kini Warga Nikmati Listrik 24 Jam Berkat Program Terang Kampung Ku

92
×

Kini Warga Nikmati Listrik 24 Jam Berkat Program Terang Kampung Ku

Sebarkan artikel ini
Kepala DPMD Kukar, Arianto. (Roby Sugiarto/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Kukar – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto, mengungkapkan bahwa program Terang Kampung Ku telah mencapai target sejak tahun 2023.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menunjukkan keseriusan dalam meningkatkan pelayanan dasar, khususnya penerangan bagi masyarakat, melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Program dedikasi Kukar Idaman, yaitu Program Terang Kampung Ku, menjadi salah satu wujud nyata dari komitmen tersebut.

Dari target yang ditetapkan dalam RPJMD, sebanyak 17 lokasi menjadi sasaran pembangunan program ini, termasuk Desa Menamang Kanan, Menamang Kiri, Desa Kupang Baru, dan lainnya.

“Lokasi yang menjadi sasaran target program Terang Kampung Ku di antaranya Desa Menamang Kanan, Menamang Kiri, Desa Kupang Baru, dan lainnya,” jelas Arianto, pada Rabu (10/07/2024).

Dalam realisasi program Terang Kampung Ku, DPMD bekerja sama dengan PLN untuk memasang jaringan listrik di wilayah target. Pemerintah daerah melalui DPMD juga melakukan inventarisasi wilayah yang belum teraliri listrik, terutama yang jauh dari desa induk.

“Pada 2024 ini, program Terang Kampung Ku masih terus direalisasikan. Tahun ini kita lakukan di Desa Liang Buaya dan Tunjungan. Wilayah itu jauh dari desa induk, sehingga kita bangunkan listrik komunal atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS),” katanya.

Pembangunan PLTS tahun ini ditargetkan rampung pada Juli-Agustus 2024. Dengan adanya program ini, masyarakat dapat menikmati listrik 24 jam, berbeda dari sebelumnya yang hanya 12 jam menggunakan diesel yang disediakan oleh pemerintah desa.

“Listrik adalah bagian dari kebutuhan dasar masyarakat. Maka dari itu, yang diurus oleh pemerintah adalah kebutuhan dasar mulai dari infrastruktur, pendidikan, kesehatan, air bersih, dan lainnya,” ucapnya.

Masyarakat sangat senang setelah jaringan listrik dipasang di wilayah mereka. Mereka kini dapat melakukan aktivitas hingga malam hari, yang pada gilirannya meningkatkan perekonomian mereka.

“Artinya, program ini dirasakan langsung oleh masyarakat. Seluruh masyarakat Kukar harus mendapatkan hak yang sama,” pungkas Arianto.

Dengan keseriusan dan komitmen dari Pemkab Kukar, diharapkan seluruh masyarakat Kutai Kartanegara dapat menikmati fasilitas dasar yang memadai dan merata, sehingga kesejahteraan mereka semakin meningkat. (Adv/KominfoKukar/Rob/Wan)

error: Content is protected !!