Politik

KPU Kukar Umumkan Hasil Verifikasi Administrasi Perbaikan Kesatu Bakal Cabup dan Cawabup 2024

108
×

KPU Kukar Umumkan Hasil Verifikasi Administrasi Perbaikan Kesatu Bakal Cabup dan Cawabup 2024

Sebarkan artikel ini
Rilis KPU Kukar.(Ist)

Timeskaltim.com, Kukar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Kartanegara (Kukar) telah menyelesaikan verifikasi administrasi perbaikan kesatu terhadap dokumen syarat dukungan bakal pasangan Calon Bupati (Cabup)dan Wakil Bupati (Cawabup) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. Proses verifikasi ini dilaksanakan dari tanggal 14 Juni hingga 18 Juni 2024 di Hotel Grand Elty Tenggarong.

Ketua KPU Kukar, Rudi Gunawan menyampaikan,  bakal pasangan calon yang diverifikasi adalah Ir. H. Awang Yacoub Luthman. sebagai bakal Cabup dan H. Akhmad Zais, sebagai bakal Cawabup.

Sebelumnya, kedua calon ini telah menyerahkan dokumen perbaikan syarat dukungan kepada KPU Kabupaten Kukar, pada Jumat, 7 Juni 2024 setelah melakukan Submit di Silon pada pukul 21.06 WITA.

Diketahui, dalam rapat pleno terbuka yang dilakukan oleh KPU Kukar, hasil verifikasi administrasi perbaikan kesatu menunjukkan bahwa jumlah dukungan yang memenuhi syarat adalah sebanyak 41.310 dukungan. Jumlah ini lebih banyak dari batas minimal yang telah ditetapkan, yaitu 40.730 dukungan.

“Jumlah dukungan hasil verifikasi administrasi perbaikan kesatu ini menunjukkan bahwa pasangan calon memiliki basis dukungan yang kuat di masyarakat,” ternang Rudi Gunawan pada, Rabu (19/06/2024).

“Sebaran dukungan yang mencapai 20 kecamatan dari minimal 11 kecamatan yang disyaratkan juga mengindikasikan adanya dukungan yang luas dan merata,” lanjutnya

Kata dia, dengan hasil ini, bakal pasangan calon Ir. H. Awang Yacoub Luthman dan H. Akhmad Zais H.R.H dinyatakan memenuhi syarat administrasi dan selanjutnya akan mengikuti tahapan verifikasi faktual kesatu.

“Kami akan memastikan setiap tahapan berjalan dengan transparan dan akuntabel, agar proses demokrasi ini dapat menghasilkan pemimpin yang benar-benar dipercaya oleh masyarakat,” tambah Rudi

Terakhir, Rudi menyampaikan, proses verifikasi ini merupakan bagian dari tahapan penting dalam memastikan bahwa bakal pasangan calon yang maju dalam Pilkada benar-benar memenuhi syarat yang ditetapkan.

“Dengan demikian, diharapkan Pilkada 2024 di Kutai Kartanegara dapat berjalan dengan lancar, jujur, dan adil,” harapnya. (Rob/Wan)

error: Content is protected !!