Diskominfo Kukar

Kukar Capai Kemajuan, 76 Desa Masuk Kategori Desa Mandiri

88
×

Kukar Capai Kemajuan, 76 Desa Masuk Kategori Desa Mandiri

Sebarkan artikel ini
Bupati Kukar, Edi Damansyah. (Roby Sugiarto/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Kukar – Bupati Kutai Kartenegara (Kukar), Edi Damansyah, sangat mengapresiasi kepada Kepala Desa (Kades) dari 76 desa yang telah mencapai kategori Desa Mandiri di wilayahnya.

Diketahui, Kabupaten Kukar dengan luas wilayah mencapai 27.263,10 Kilometer persegi (km²), adalah kawasan terluas di Kalimantan Timur (Kaltim). Wilayah ini terdiri dari 193 desa yang tersebar di seluruh kabupaten.

Orang nomor satu di Kukar itu menyampaikan, rasa terima kasih dan apresiasinya kepada para Kades yang telah berjuang keras menjalankan tanggung jawab dan mengelola wilayah mereka.

“Saya sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kades,” kata Edi Damansyah pada, Rabu (19/06/2024).

Edi bilang, mencapai kategori Desa Mandiri bukanlah tugas yang mudah. Setiap desa harus memenuhi tiga indikator penting, yang meliputi ekonomi, sosial, dan ekologi. Hal tersebut merupakan tantangan besar yang membutuhkan komitmen dan kerja keras dari setiap Kades.

“Setidaknya dari 193 desa yang ada di Kukar, 76 desa masuk dalam kategori desa mandiri,” ungkapnya.

Kendati demikian, Edi juga menekankan, pencapaian ini bukan hanya sekadar angka, tetapi adalah hasil dari kerja keras, dedikasi, dan kolaborasi yang dilakukan oleh para Kades bersama masyarakatnya.

“Sangat luar biasa komitmen kepala desa dalam rangka penyelenggaraan dan pembangunan di wilayah desanya,” ungkap Edi.

Diakhir sesi, Edi berharap, kedepannya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, akan terus berupayan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang berkelanjutan.

“Prestasi 76 desa mandiri ini menjadi bukti nyata bahwa dengan komitmen dan kerja keras, kemajuan bisa dicapai,” pungkasnya. (ADV/KominfoKukar/Rob/Wan)

error: Content is protected !!