AdvertorialKALTARAPariwaraSamarinda

BKKBN Kaltim Sukses Gelar Apresiasi Duta Genre 2022

110
×

BKKBN Kaltim Sukses Gelar Apresiasi Duta Genre 2022

Sebarkan artikel ini

Kemeriahan Gelaran Apresiasi Duta GenRe Kaltim-Kaltara di Ballroom Hotel HARRIS Samarinda.(Topan Setiawan/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Samarinda – Satu diantara kegiatan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk mengedepankan, pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda sesuai dengan Nawacita adalah mengembangkan program Generasi Berencana (GenRe). 

Program ini mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pranikah dan napza guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan.

Terbukti, BKKBN Provinsi Kaltim, bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, menggelar Grand Final Apresiasi Duta GenRe (Generasi Berencana) tingkat Provinsi Kaltim-Kaltara 2022.  

Dihelat di Ballroom Hotel HARRIS Samarinda itu, digelar begitu meriah dan sorakan antusias pendukung yang hadir menghiasi gemerlap acara tersebut. 

Agenda tersebut dihadiri, Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Sunarto didampingi jajaran OPD se – Kabupaten/Kota. Hadir pula, Bunda Genre Samarinda, Rinda Wahyuni Andi Harun.

Kepada media ini, Sunarto menyampaikan, program prioritas Duta GenRe Kaltim, adalah untuk membantu program provinsi melalui lembaga Kencana. Hal tersebut, ditopang dengan kemapuan dan inovatif peserta Duta GenRe Kaltim-utara dalam mengemban amanah.

Menabuhkan Gong sebagai acara simbolis menandai pembukaan acara Grand Final Apresiasi Duta GenRe Provinsi Kaltim – Kaltara Tahun 2022.(Topan Setiawan/Times Kaltim)

“Titik pointnya, adalah bagaimana mereka membantu program bangga kencana. Terkhusus yang berkaitan dengan remaja. Ini merupakan tanggung jawab untuk provinsi,” jelas Sunarto kepada Timeskaltim.com, Jumat (30/9/2022) malam.

Ia menjelaskan, Duta GenRe mempunyai tugas utama mengajak remaja menjauhi tiga permasalahan, yaitu perkawinan usia anak, seks bebas, dan penyalahgunaan Napza.

Dalam program GenRe dikembangkan beberapa materi di antaranya mengenai kesehatan reproduksi remaja, life skill, penyiapan kehidupan berkeluarga, serta kependudukan dan pembangunan keluarga.

Melalui Program GenRe, remaja dibina dan diarahkan untuk mampu menjalani masa transisi kehidupan remaja. Masa transisi dimaksud dibagi ke dalam Lima Transisi Kehidupan (five life transitions), yaitu melanjutkan sekolah (continue learning); mencari pekerjaan (start working); 3 memulai kehidupan berkeluarga (form families); menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship); mempratikkan hidup sehat (practice healthy life).

Kendatipun, Duta Genre Kaltim-utara juga sebagai upaya dalam mengentaskan angka stunting di daerah.

“Harapannya Duta GenRe Provinsi Kaltim menjadi ikon utama dalam upaya mencegah peningkatan angka stunting dan perencanaan usia perkawinan,” tambah Sunarto.(Wan)

DAFTAR DAERAH PEMENANG APRESIASI DUTA GENRE KALTIM-KALTARA 2022

Juara Favorit KaltimKaltara
Putra Paser
Putri Mahakam Ulu

Juara Social Media Inspirator Kaltimtara
Putra Bontang
Putri Paser

Juara Best Advokasi Kaltimtara
Putra Berau
Putri Samarinda

Juara 1 GenRe Tingkat Provinsi Kaltara
Putra Tarakan
Putri Nunukan

Juara 2 GenRe Tingkat Provinsi Kaltara
Putra Nunukan
Putri Tarakan

Juara 3 GenRe Tingkat Provinsi Kaltara
Putra Tana Tidung
Putri Tana Tidung

Juara 1 GenRe Tingkat Provinsi Kaltim
Putra Samarinda
Putri Berau

Juara 2 GenRe Tingkat Provinsi Kaltim
Putra Kutai Kartanegara
Putri Bontang

Juara 3 GenRe Tingkat Provinsi Kaltim
Putra Kutai Barat
Putri Balikpapan

error: Content is protected !!