Siswo Sebut Anggaran Pembangunan Kecamatan Samboja Barat dan Kota Bangun Darat Dipersiapkan dari APBD Perubahan 2022

Wakil Ketua DPRD Kukar, Siswo Cahyono.(Ist)

Timeskaltim.com, Kukar – Dua Kecamatan baru di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah diresmikan yakni Kecamatan Samboja Barat dan Kota Bangun Darat. 

Guna mempercepat pembangunan dua kecamatan itu, Dewan Kukar pun telah mempersiapkan anggarannya dari APBD-P tahun 2022. 

“Kecamatan baru itu jangan sampai nanti kalau sudah 3 tahun tidak ada progres, tidak ada sesuatu yang ibaratnya dibahas terkait (pembangunannya) sudah kita setujui,” ucap Wakil Ketua DPRD Kukar, Siswo Cahyono saat dikonfirmasi, Rabu (7/9/2022).

“Maka (kalau tidak ada progres) dua kecamatan itu secara otomatis akan kembali ke kecamatan induk. Nah ini yang harus kita jaga,” lanjutnya. 

Siswo menerangkan bahwa Dewan Kukar dan Pemerintah Kabupaten telah bersepakat guna menggelontorkan anggaran untuk dua kecamatan tersebut. 

“Kita tunggu setelah dari provinsi, karena memang kecamatan baru ada hal-hal teknis yang memang boleh dianggarkan dan tidak boleh dianggarkan,” ungkapnya. 

Ia mengatakan bahwa persoalan anggaran untuk dua kecamatan itu merupakan prioritas. Sebab dua kecamatan tersebut nantinya dapat menjawab kebutuhan masyarakat Kukar. 

“Kalau kami masalah persoalan anggaran ya itu prioritas, karena pemekaran dua kecamatan ini menjawab kebutuhan daripada masyarakat Kutai Kartanegara sendiri, terutama masyarakat Samboja dan Kota Bangun,” pungkasnya. (Adv/Jat/Wan)