Politik

Pilkada Samarinda 2024, Sejumlah Calon Digadang Bakal Bersanding Dengan Andi Harun

118
×

Pilkada Samarinda 2024, Sejumlah Calon Digadang Bakal Bersanding Dengan Andi Harun

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (Muhammad Hasbi/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Samarinda – Pojok Negeri sukses menggelar Diskusi Politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Samarinda 2024-2029, di kedai Setiap Hari Coffe, Jalan Ir Juanda Samarinda pada Sabtu (22/6/2024) lalu.

Dalam rangkaian diskusi tersebut, hadir beberapa tokoh calon kuat yang digadang akan mendampingi Andi Harun pada Pilkada Kota Samarinda mendatang. Mulai dari kalangan petinggi Partai Politik (Parpol), pengusaha, hingga birokrat.

Andi harun mengungkapkan bahwa, dalam acara diskusi itu, para bakal calon wakil wali kota tampil dengan kapasitasnya dan memiliki keunggulan di bidang masing-masing. Serta, gagasan yang disampaikan merupakan bagian dari pokok pikiran yang akan dituangakan dalam visi-misi mendatang.

“Diantaranya, ke depan kita membutuhkan dana pembangunan di luar dari APBD. Yakni, investasi dan saya menguatkan tadi bahwa investasi ini dapat kita lakukan. Apabila kota ini, dilengkapi dengan utilitas infrastruktur dan utilitas publik lainnya. Suku bunga yang kompetitif, birokrasi yang inklusif serta serta kekuatan daerah lain nya yang mendukung destinasi investasi, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahtraan masyarakat,” ungkap Andi Harus saat diwawancarai oleh wartawan Times Kaltim.

Ia juga menjelaskan, tentang isu pembangunan yang diutarakan oleh para kandidat pada agenda diskusi tersebut. Soal pengendalian banjir. Menurutnya, program itu, akan terus berkelanjutan pada masa yang akan datang. Apabila pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Samarinda ini, diberikan amanah kembali oleh masyarakat Kota Tepian -Julukan Samarinda-.

“Karena pada periode ini waktu kepemimpinan sangat terbatas, sehingga tidak cukup waktu untuk menyelesaikan persoalan banjir pada periode ini, dan ini adalah persoalan pelik yang sudah terjadi puluhan tahun, tentu tidak bermaksud apologis jadi kita memang butuh waktu,” ujarnya.

Disinggung menyangkut ketahanan pangan, Andi Harun menjelaskan, upaya pemilihan strategis untuk memperluas kawasan dan meningkatkan produktifitas pada sektor pertanian perkebunan, dan peternakan bakal menjadi fokus utama.

Tentu, harus memiliki strategi yang lain dengan mengamankan daerah pertanian, upaya itu telah didukung dengan terbitnya Peraturan Daerah (Perda) LP2B Kota Samarinda.

“Sejauh ini ada beberapa kawasan pertanian yang telah kita luaskan, seperti menambah 50 Hektare di kawasan Makroman, begitupun dengan kawasan Gunung Lingai hal demikian guna menambah hasil produktifitas pertanian,” katanya.

“Tapi dengan begitu saja masih belum cukup, sehingga perlu strategi ekonomi agar ketahanan pangan di Kota Samarinda terus terjaga, diantaranya adalah dengan melakukan upaya kerja sama antar daerah, bisa jadi nanti Perusahan Daerah (Perusda) kita lebih banyak usaha pertanianya di Sulawesi atau di Jawa misalkan, tapi produksinya tetap untuk kita di Samarinda”, lugasnya.

Kendati demikian, terkait industri perikanan yang akan dikelola secara modern. Dengan didukung dengan utilitas industri perikanan. Kata dia, pihaknya telah membangun Rumah Potong Hewan (RPH) tahap pertama dan mengarahkan ke Perusda. Untuk mengembangkan ayam telur dan ayam potong. Bahkan, telah melakukan kunjungan ke Tiongkok.

“Semua upaya akan kita lakukan  semaksimal mungkin, upaya aliansi strategi ekonomi guna memastikan kokohnya ketahanan pangan di masa yang akan datang”, ucapnya.

Ia mengimbau, dalam memutuskan segala sesuatunya perlu dengan kesabaran. Sebab, banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang diamanahkan oleh masyarakat. Sehingga, pihaknya harus bijak dalam memutuskan langkah politik selanjutnya.

“Saya juga ingin mengkonfirmasi bahwa, alhamdulillah selain partai Gerindra ada partai lain yang sudah conform final ya, nanti pada waktu yang tepat kami akan umumkan. Dan kami tetap konsisten mendahulukan maju melalui partai politik, setidaknya ada tiga nama yang sudah masuk dalam saku saya, bisa saja ada malam ini salah satunya,” pungkasnya.(Has/Wan)

error: Content is protected !!