AdvertorialPPU

Makmur Marbun Apresiasi Seluruh Pihak, Sukseskan Pilkades serentak di PPU

197
×

Makmur Marbun Apresiasi Seluruh Pihak, Sukseskan Pilkades serentak di PPU

Sebarkan artikel ini

Teks Foto: Konferensi pers Pelaksanaan Pilkades Serentak di PPU (Aby/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, PPU – Pilkades serentak PPU sukses digelar PJ Bupati ucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang turut sukseskan. 

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara melaksanakan press release pemilihan kepala desa serentak PPU di lantai 1 kantor bupati Penajam Paser Utara pada Senin (6/11/2023). 

PJ Bupati PPU Makmur Marbun menyampaikan bahwa semua proses dan tahapan pelaksanaan pada Pilkades serentak ini telah dilaksanakan sesuai dengan rencana dan tidak ada permasalahan. 

“Alhamdulillah Pilkades serentak tahun 2023 di Kabupaten PPU telah berjalan dengan baik dan lancar” ujar Makmur Marbun pada Senin, (6/11/2023). 

Makmur Marbun menyampaikan dalam Pilkades ini semua proses dan tahapan pelaksanaan pilkades telah dilaksanakan sesuai dengan rencana, termasuk dengan dilakukannya seleksi kepada sejumlah kepala desa bagi peserta Pilkades yang lebih dari 5 calon, dimana seleksi tersebut langsung melibatkan tim independen dari Universitas Indonesia (UI). Hal itu Sesuai dengan pasal 26 Perbup Nomor 15 tahun 2017 tentang Pedoman Tata Cara Pemilihan Kepala Desa. 

Makmur Marbun menjelaskan bahwa Ia turun langsung ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memastikan pelaksanaan pilkades berjalan dengan baik. 

“Suksesnya Pilkades di PPU ini juga tidak terlepas dari peran para kepala dinas terkait dalam melakukan pendampingan dan dapat bertanggung jawab dalam memonitoring pelaksanaan pilkades di PPU” jelasnya. 

Pada pilkades ini terdapat 11 incumben dari 14 desa yang melaksanakan pemilihan. Meskipun persaingan ketat, hasil akhir sangat mengejutkan karena tidak satupun incumben yang terpilih. 

Makmur Marbun awalnya mengira bahwa setidaknya 6 hingga 7 incumben akan memenangkan pemilihan berdasarkan suara mayoritas namun kenyataannya tidak ada satupun incumben yang berhasil meraih suara terbanyak. 

“Kenapa masyarakat tidak mau memilih incumbent? karena dari seluruh incumbent tidak ada yang menang, padahal mereka punya kesempatan untuk sosialisasikan diri mereka. Ini perlu diteliti sebabnya,” tambahnya. 

Pada Pilkades ini, terdapat sebanyak 30.155 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari 14 desa yang tersebar di 4 Kecamatan terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 15.448 jiwa dan pemilih perempuan sebanyak 14.634 jiwa dengan 60 TPS yang tersebar. 

Selanjutnya sebanyak 14 Kepala Desa yang terpilih akan dilantik pada 11 Januari 2024 setelah habis masa jabatan kepala desa sebelumnya. 

Dalam kegiatan ini dihadirkan puluhan awak media cetak dan elektronik di PPU. Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten PPU, Tohar, Asisten i Bidang Pemerintahan dan Kesra, Sodikin, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Nicko Herlambang dan Asisten III Bidang Administerasi Umum, Ahmad Usman serta sejumlah pejabat terkait lainnya. (Adv/Aby/Wan)

error: Content is protected !!