Diskominfo Kukar

Kukar Festival Budaya Nusantara 2024, Digelar Meriah dengan Pesona Tarian Massal

102
×

Kukar Festival Budaya Nusantara 2024, Digelar Meriah dengan Pesona Tarian Massal

Sebarkan artikel ini
Tarian Masal Di Kegiatan KFBN di Stadion Rondong Demang, pada Senin (8/7/2024). (Roby Sugiarto/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Kukar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menggelar Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) dengan penuh kemeriahan dan kemegahan. Acara ini dihelat di Stadion Rondong Demang pada Senin (8/7/2024).

Kegiatan KFBN ini mengusung tema “Kukar Berbudaya Nusantara Jaya” ini akan berlangsung dari tanggal 8-13 Juli 2024. Berbagai pertunjukan pentas seni budaya akan digelar di tiga lokasi, yaitu Halaman Stadion Rondong Demang, Taman Kota Raja, dan Area Parkiran Pulau Kumala.

Terlihat dari pantauan Timeskaltim.com, meskipun awan sempat menghitam dan rintikan air mulai turun dari langit, antusiasme masyarakat Kukar untuk menghadiri KFBN tidak surut. Ratusan orang memadati Stadion Rondong Demang untuk menyaksikan berbagai atraksi budaya yang menarik.

Salah satunya yang menarik perhatian adalah penampilan Tarian Massal yang dibawakan oleh ratusan penari. Tarian ini menampilkan kekayaan dan keragaman budaya Etam yang berada di Kukar.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono mengatakan, bahwa KFBN merupakan salah satu upaya Pemkab Kukar untuk melestarikan dan mempromosikan budaya lokal.

“Festival ini bukan hanya untuk menampilkan budaya lokal, tetapi juga untuk menunjukkan kekayaan budaya dari luar daerah,” ujar Sunggono

Ia juga menjelaskan, bahwa KFBN merupakan pengembangan dari Festival TIFAF (Tenggarong International Folk Art Festival) yang sebelumnya telah sukses digelar.

“Festival ini tidak hanya menjadi wadah untuk menampilkan keindahan seni dan budaya, tetapi juga sebagai sarana untuk mempromosikan keberagaman dan memperkuat persatuan di tengah masyarakat Kukar,” tambahnya.

Disamping itu, PLT Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Sugiarto menyebutkan, bahwa KFBN juga merupakan salah satu langkah untuk menarik wisatawan dari luar daerah.

“Acara ini sangat berdampak positif bagi daya tarik wisatawan luar daerah, untuk melihat betapa kayanya kebudayaan Kukar,” ujar Sugiarto.

KFBN tahun 2024 ini, diikuti oleh 7 kabupaten/kota dan 16 kecamatan di Kukar. Sebanyak 42 kesenian akan ditampilkan dalam festival ini, dengan melibatkan 1.325 peserta.

Sugiarto berharap, KFBN dapat terus dilestarikan dan dikembangkan, terutama dalam rangka menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Festival ini menjadi bukti bahwa Kukar kaya akan tradisi dan budaya yang patut dilestarikan,” tandasnya. (Adv/KominfoKukar/Rob/Wan)

error: Content is protected !!