Diskominfo Kukar

Semarak Tahun Baru Islam di Kukar, Tablik Akbar Aswaja dan Lomba Habsi Hiasi Pendopo Bupati

63
×

Semarak Tahun Baru Islam di Kukar, Tablik Akbar Aswaja dan Lomba Habsi Hiasi Pendopo Bupati

Sebarkan artikel ini
Kegiatan Tablik Akbar Aswaja di halaman parkir Pendopo Bupati Kukar, Selasa (09/07/2024) kemarin.(Roby Sugiarto/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Kukar – Dalam rangka memperingati 1 Muharram 1446 Hijriah (H), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Tablik Akbar Aswaja yang meriah di halaman parkir Pendopo Bupati Kukar, Selasa (09/07/2024) lalu.

Diketahui, Acara ini menjadi puncak dari rangkaian kegiatan lomba habsi se-Kukar tahun kedua. Dalam memeriahkan tablik akbar ini Pemkab Kukar, menghadirkan Ustadzah Kharisma Yogi Noviana dari Jawa Timur.

“Takbalil akbar ini merupakan rangkaian dari kegiatan Lomba habsi, kegiatan ini merupakan salah satu implementasi Perda No. 4 Tahun 2021 tentang Gerakan Etam Mengaji (GEMA), satu dari 23 program dedikasi Kukar Idaman,” jelas Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setkab Kukar, Dendy Irwan Fahriza beberapa waktu lalu.

Program GEMA bukan hanya sekadar membaca Al-Quran, Acara seperti ini bertujuan untuk menyiarkan agama Islam melalui lomba habsi, guna mendorong semangat remaja dalam menyebarkan syiar Islam memalui berbagai media.

Dendi juga menyebutkan, pada perlombaan habsi sebelumnya, antusiasme luar biasa terlihat dari para remaja di 19 kecamatan Kukar, dan telah mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti lomba habsi ini.

“Potensi luar biasa dari para remaja ini patut kita apresiasi. Semangat mereka dalam mempelajari dan menyebarkan nilai-nilai Islam melalui habsi sangatlah membanggakan,” ungkapnya.

Sebagai bentuk pembinaan berkelanjutan, Pemkab Kukar akan bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar, untuk memberikan bantuan alat-alat musik kepada remaja yang aktif berhabsi habsi.

“Harapannya, bantuan ini dapat mendukung mereka dalam mengembangkan bakat dan minat mereka dalam seni habsi,” harapnya.

Taklik Akbar Aswaja dan Lomba Habsi ini menjadi bukti komitmen Pemkab Kukar dalam memajukan syiar Islam dan melestarikan budaya lokal. (Adv/KominfoKukar/Rob/Wan)

error: Content is protected !!