Daerah

PKD Kaltim 2024 Berakhir dengan Semarak, Sri Wahyuni : Komitmen Jaga Kelestarian Budaya

151
×

PKD Kaltim 2024 Berakhir dengan Semarak, Sri Wahyuni : Komitmen Jaga Kelestarian Budaya

Sebarkan artikel ini
Sekprov Kaltim, Sri mulyani. (Roby Sugiarto/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Kukar – Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltimantan Timur (Kaltim), Sri Wahyuni menutup secara resmi pagelaran Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) 2024 di Museum Mulawarman Tenggarong pada, Sabtu (06/07/2024) malam.

Diketahu, kegiatan PKD berlangsung dari tanggal 4-6 Juli 2024. Acara tersebut dimeriahkan dengan berbagai pagelaran seperti lomba-lomba tradisional dan berbagai penampilan kesenian dari 10 Kabupaten yang berada di Kaltim.

Dalam sambutannya, Sri Wahyuni menyampaikan apresiasi atas suksesnya penyelenggaraan PKD 2024. Menurutnya, kegiatan ini merupakan wujud komitmen Pemprov Kaltim dalam menjaga kelestarian budaya daerah.

“Pekan Kebudayaan Daerah ini merupakan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim dalam menjaga kelestarian kebudayaan wilayah kita,” ujar Sri Wahyuni.

Lebih lanjut, Sri Wahyuni menjelaskan bahwa PKD menjadi wadah bagi berbagai daerah di Kaltim untuk menampilkan kekayaan budaya mereka. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk mengenal budaya Kaltim yang beragam.

“Lewat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, kita dapat terus mendorong dan menambah wawasan dengan luas dari event seperti ini,” katanya.

PKD 2024 tidak hanya melestarikan budaya, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal. Kegiatan ini mendorong peningkatan omzet Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan membuka peluang bagi para pelaku seni untuk memasarkan karya mereka.

“UMKM sangat mendapatkan dampak positif, dikegiatan ini kita juga membawa anak-anak SMA yang memiliki produk seni budaya, untuk menjajakan dagangannya di event ini,” tambah Sri Wahyuni.

Menutup sambutannya, Sri Wahyuni menegaskan komitmen Pemprov Kaltim untuk terus menyelenggarakan PKD setiap tahunnya. Ia berharap kedepannya acara ini dapat digelar dengan lebih meriah dan menjangkau seluruh kabupaten di Kaltim.

“Kedepannya kegiatan ini akan lebih meriah dan kita tidak tahu kegiatan ini tahun depan akan kita gelar di lokasi ini lagi, atau kita akan menggelar kegiatan ini di seluruh Kabupaten yang berada di Kaltim,” tandasnya.

PKD 2024 menjadi bukti nyata komitmen Pemprov Kaltim dalam menjaga dan melestarikan budaya daerah. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan kontribusi positif bagi perekonomian lokal dan membuka peluang bagi para pelaku seni untuk berkarya dan mengembangkan usaha mereka. (Rob/Wan)

error: Content is protected !!