AdvertorialDPRD Kota Samarinda

Komisi IV DPRD Samarinda Soroti Penanganan Anjal dan ODGJ

67
×

Komisi IV DPRD Samarinda Soroti Penanganan Anjal dan ODGJ

Sebarkan artikel ini

Anggota DPRD Kota Samarinda, Sri Puji Astuti. (Berby/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Samarinda – Anggota DPRD Kota Samarinda, Sri Puji Astuti menyebut bahwa tempat untuk penanganan anak jalanan (anjal) dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ditangkap di Samarinda masih minim.

“Kita seharusnya memiliki wadah (Tempat) untuk anak jalanan yang ditangkap. Bagaimana mereka diasesmen, dibina dan sebagainya, kita belum punya wadah itu,” kata Puji, Selasa (18/6/2024).

Ia menyebut keberadaan panti sosial kini tidak cukup, apalagi panti sosial memang berada di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi Kaltim.

“Keberadaan panti sosial yang ada saat ini tidak cukup, apalagi panti sosial memang berada di bawah kewenangan provinsi,” jelasnya.

Puji juga menyinggung ODGJ yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan tempat tinggal pasca pengobatan.

“Saat ini ODGJ tidak punya KTP, meskipun ada kemudian kita sudah buatkan seperti BPJS, tapi mereka belum punya tempat pasca pengobatan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Puji menegaskan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda perlu segera menyiapkan wadah untuk menampung dan menangani anak jalanan serta ODGJ.

“Kita tidak punya tempat untuk anak-anak terlantar dan berbagai masalah sosial lainnya. Untuk itu, kami minta Pemkot Samarinda untuk segera menyiapkan wadahnya,” pungkasnya. (Bey)

error: Content is protected !!