Diskominfo Kukar

Kawasan Cagar Budaya Tenggarong Dongkrak Ekonomi Lokal lewat Karya Seni

51
×

Kawasan Cagar Budaya Tenggarong Dongkrak Ekonomi Lokal lewat Karya Seni

Sebarkan artikel ini
Kepala Bidang (Kabid) Promosi Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma. (Roby/Timeskaltim)

Timeskaltim.com, Kukar – Kawasan cagar budaya di Jalan Diponegoro,Tenggarong menjadi ikonik baru bagi para budayawan dalam menuangkan karya seninya. Hal tersebut disambut hangat oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar).

Kepala Bidang (Kabid) Promosi Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma menjelaskan, bahwa langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam mendukung dan mengembangkan seni pertunjukan.

Sehingga, para seniman diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam beragam acara yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah.

“Kami mengundang para seniman untuk memanfaatkan kawasan cagar budaya sebagai tempat untuk pertunjukan mereka,” ujarnya pada, Selasa (16/04/2024).

Dirinya mengakui, potensi besar yang dimiliki oleh para seniman dan budayawan di Kukar. Terutama di Kecamatan Tenggarong, banyak sekolah, telah turut serta dalam menampilkan bakat-bakat mereka di kawasan cagar budaya tersebut.

“Ini menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lain yang belum memiliki kegiatan ekstrakurikuler seni dan budaya untuk mulai mengadakannya,” tambahnya.

Triyatma mengungkapkan, pertunjukan seni dan budaya di kawasan cagar budaya tidak hanya memberikan hiburan bagi masyarakat, tetapi juga berdampak positif dengan mendongkrak perekonomian lokal.

Selain itu, acara ini juga menjadi platform promosi bagi kelompok seni dan budaya yang terlibat.

“Dengan seni pertunjukan ini, kami tidak hanya mempromosikan kekayaan seni dan budaya Kukar, tetapi juga menciptakan identitas daerah yang kuat serta meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM,” tandansya. (ADV/KominfoKukar/Rob/Wan)

error: Content is protected !!