Politik

DPW PAN Kaltim Siap Kawal Perhitungan Suara Ulang

346
×

DPW PAN Kaltim Siap Kawal Perhitungan Suara Ulang

Sebarkan artikel ini
Teks Foto: Gejolak panas antar Irwan alias Irwan Fecho (kiri) dan Edy Oloan Pasaribu (kanan) memperebutkan kursi DPR RI.(Ist)

Timeskaltim.com, Samarinda – DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Kaltim optimis kursi terakhir DPR RI daerah pemilihan (dapil) Kaltim menjadi milik mereka. Terlepas dari putusan Mahkamah Konstitusi yang menetapkan untuk menghitung ulang surat suara di 147 tempat pemungutan suara (TPS) se-Kaltim.

“Kami sangat siap mengawali perhitungan ulang itu. Sejak awal kami yakin kursi terakhir DPR RI milik PAN,” ungkap Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPW PAN Kaltim Baharuddin Demmu, Rabu (12/6/2024).

Dalam putusan bernomor 219-01-14-21/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 tertanggal 10 Juni 2024, MK mengabulkan sebagian gugatan yang dilayangkan Demokrat Kaltim. Partai Mercy menyoal terjadinya penyusutan suara yang diperolehnya sebanyak 183 suara dan adanya penambahan 366 suara PAN dari rekapitulasi perhitungan suara untuk DPR RI dapil Kaltim.

PAN, sambung Demmu, menghormati keputusan MK itu. Namun dia menyoal klaim adanya penggelembungan suara yang dilakukan partai berlogo matahari putih hingga adanya intimitas Saksi-saksi oleh penyelenggara. Proses rekapitulasi berjenjang di berbagai tingkatan, dari TPS hingga rekap KPU kabupaten/kota dan provinsi, berjalan sesuai aturan kepemiluan yang ada.

“PAN menyambut keputusan MK itu dan siap mengawasi perhitungan ulang. Tapi keterangan para Saksi dari PAN, para penyelenggara kooperatif dalam menjalankan perhitungan suara itu. Jadi tak benar soal framing yang seperti itu (adanya penggelembungan hingga intimidasi penyelenggara),” lanjutnya.

Diketahui, MK dalam keputusannya membatalkan Keputusan KPU Nomor 360/2024 tentang Penetapan Hasil Pemilu Serentak 2024 khusus untuk DPR RI di dapil Kaltim dan meminta untuk dilakukan perhitungan ulang surat ulang suara di 147 TPS yang disoal Demokrat terjadi penyusutan suara mereka dan penambahan suara PAN.

TPS-TPS itu tersebar di 9 kabupaten/kota se-Kaltim – kecuali Mahakam Ulu, dengan rincian 25 TPS di Balikpapan; Samarinda 41 TPS; Bontang 6 TPS; Kutai Timur 16 TPS; Kutai Kartanegara 43 TPS; Kutai Barat 4 TPS; Berau 6 TPS; Paser 4 TPS; dan 2 di Penajam Paser Utara. (*/Wan)

error: Content is protected !!