AdvertorialDPRD Kota Samarinda

Sopian Sentil Nakes yang Kurang Baik dalam Pemberian Pelayanan

85
×

Sopian Sentil Nakes yang Kurang Baik dalam Pemberian Pelayanan

Sebarkan artikel ini

Anggota DPRD Kota Samarinda, Ahmat Sopian Noor. (Berby/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Samarinda – Peningkatan mutu dan layanan di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) khususnya di tingkat pertama paling rentan dikeluhkan karena merupakan pelayanan paling dekat dengan masyarakat.

Dalam pernyataannya, Anggota DPRD Kota Samarinda, Ahmat Sopian Noor menyentil para tenaga kesehatan (Nakes) yang melakukan pelayanan kurang baik terhadap masyarakat.

Diungkapkannya, tidak hanya sekali dua kali ia mendengar keluhan di masyarakat terkait adanya pelayanan kesehatan di puskesmas yang tidak ramah. Oleh karena itu, ia juga meminta kepada Dinas Kesehatan untuk benar-benar terjun dan memantau pelayanan kesehatan di puskesmas.

“Jangan lupa memperhatikan pelayanan yang diberikan karena masyarakat masih mengeluhkan adanya kekurangan dalam pemberian pelayanan,” ungkap Sopian, Sabtu (11/5/2024).

Dirinya juga menekankan perlunya pelatihan dan pembinaan yang lebih intensif bagi para nakes guna meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sopian menambahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa adanya karakter dan kepribadian pasien yang berbeda-beda membuat tenaga kesehatan harus ekstra sabar menghadapi dan memberi pelayanan optimal kepada mereka.

“Kadang-kadang ada tingkah laku para pasien yang membuat tidak nyaman sehingga membuat tenaga kesehatan juga tidak bisa mengendalikan kekesalannya,” jelasnya.

Terkait sorotan ini, lanjutnya, Pemkot Samarinda diharapkan dapat mengambil langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas.

“Ini mencakup evaluasi mendalam terhadap kinerja nakes, penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, serta pemberian insentif dan penghargaan bagi yang berprestasi,” pungkasnya. (Bey)

error: Content is protected !!