Diskominfo Kukar

Sektor Perikanan Permata Ekonomi di Kecamatan Kota Bangun

107
×

Sektor Perikanan Permata Ekonomi di Kecamatan Kota Bangun

Sebarkan artikel ini
Camat Kota Bangun, Mawardi. (Roby Sugiarto/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Kukar – Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dikenal sebagai pusat kegiatan sektor perikanan yang memegang peran penting dalam mata pencaharian masyarakat setempat.

Diketahui, wilayah ini terletak disepanjang tepi Sungai Mahakam, yang menawarkan potensi besar untuk sektor perikanan.

Camat Kota Bangun, Mawardi menyatakan, Kecamatan Kota Bangun, tidak seperti Kecamatan Kota Bangun darat yang lebih dikenal dengan keunggulannya dibidang perkebunan dan pertanian. Wilahnya, saat ini sedang fokus disektor perikanan.

“Wilayah kami memang terkenal sebagai kawasan perikanan, kami memiliki lebih dari 50 kelompok perikanan aktif di Kecamatan Kota Bangun,” ungkap Mawardi, saat hubungi Timeskaltim pada Sabtu (22/06/2024).

“Kami juga sering mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab), sesuai dengan program Bupati Kukar,” tambahnya.

Ia juga berkata, dalam upaya memajukan ekonomi masyarakat, hasil tangkapan ikan dijual secara tradisional di pasar dan ada juga dibawa keluar daerah, seperti ke Kota Samarinda.

Lanjutnya, beberapa hasil tangkapan masyarakat itu dijual, ada dalam kondisi mentah dan adapula yang telah dikelola menjadi sebuah produk, seperti ikan asin dan ikan asap atau ikan salai.

“Memang tempat pelelangan ikan (TPI) sudah ada, namun belum maksimal. Saat ini, pihak kami terus mencari jalan keluar agar masyarakat dapat berjualan di TPI itu sendiri,” timpal Mawardi.

Mawardi mengungkapkan, dengan semangat dan dukungan penuh dari Pemkab Kukar, terhadap Pemerintah Kota Bangun, dalam Sektor Perikanan.

Kedepannya, ia optimis, bahwa sektor perikanan diwilayahnya akan semakin berkembang dan memberikan kontribusi besar bagi kesejahteraan masyarakat.

“Saya yakin dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, masyarakat dapat menciptakan peluang ekonomi yang berkelanjutan,” terangnya

Terkahir, Mawardi berharap, dedikasi dan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, dapat berjalan dengan baik, agar masa depan sektor perikanan di Kecamatan Kota Bangun terlihat cerah. (ADV/KominfoKukar/Rob/Wan)

error: Content is protected !!