Diskominfo Kukar

Program Forum Sehat Mandiri, Langkah Konkrit Desa Enggelam Atasi Penanganan Darurat Bagi Masyarakat

87
×

Program Forum Sehat Mandiri, Langkah Konkrit Desa Enggelam Atasi Penanganan Darurat Bagi Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Desa Enggelam.(Ist)

Timeskaltim.com, Kukar – Desa Muara Enggelam merupakan daerah yang dikenal sebagai desa terapung yang berada di wilayah Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartangera (Kukar). Pemerintah Desa (Pemdes) mempunyai program yang belum tentu dimiliki desa lainnya. Yakni, Forum Sehat Mandiri.

Daerah yang terbilang cukup jauh dari pusat paradaban kota, kini dapat sedikit terbantu dengan penanganan kesehatan untuk masyarakat setempat. Melalui program tersebut.

Kepala Desa (Kades) Muara Enggelam, Madi menyebutkan, program ini merupakan hasil dari kesepakatan masyarakat itu sendiri, bertujuan terhadap pertolongan pertama bagi warga setempat, ketika dalam keadaan darurat.

Walaupun, dengan adanya Puskesmas Bantuan (Pusban) yang berada di desa mereka. Namun, sarana dan prasarana di Muara Enggelam belum cukup memadai. Hal inilah yang alasan utama terbentuknya program tersebut.

“Kami bersama masyarakat melakukan iuran bulanan sebesar 10.000 untuk program Forum Sehat Mandiri,” ungkap Madi, pada Kamis (18/04/2024).

Ia menyebutkan, uang iuran tersebut nantinya akan digunakan untuk kebutuhan dana transportasi masyarakat yang membutuhkan penanganan serius sehingga harus dibawa kerumah sakit di daerah Kecamatan Kota Bangun.

Lanjutnya, Besaran bantuan yang diberikan berkisar dari Rp. 400.000 hingga Rp. 1.000.000, berdasarkan jauh atau dekatnya rujukan rumah sakit yang di tuju.

“Dana iuran tersebut akan digunakan untuk mengisi bahan bakar speed boat dan mobil yang dimiliki oleh desa kami,” tambahnya.

Madi menegaskan, program ini sangat membawa dampak positif untuk seluruh warganya, terlebih masyarakat juga sangat antusias dan sangat koperatif dalam menjalankan iuaran setiap bulannya.

“Jadi, tidak ada alasan bagi masyarakat jika tidak bisa kerumah sakit, karena sudah kami fasilitasi,” terangnya.

Dengan program kemanusiaan yang berada di Desa Muara Enggelam, dapat membantu serta meningkatkan kerukunan bagi warga sekitar terhadap kesehatan. (Adv/Kominfokukar/Rob/Wan)

error: Content is protected !!