AdvertorialDPRD Kota Samarinda

Produk Makanan Wajib Miliki Sertifikat Halal, Laila Sebut Pelaku Usaha Belum Paham Proses Sertifikasi

98
×

Produk Makanan Wajib Miliki Sertifikat Halal, Laila Sebut Pelaku Usaha Belum Paham Proses Sertifikasi

Sebarkan artikel ini

Anggota DPRD Kota Samarinda, Laila Fatihah. (Berby/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Samarinda – Baru-baru ini terbit kebijakan mengenai produk makanan yang dijual ke masyarakat diwajibkan memiliki sertifikat halal yang disahkan oleh institusi berwenang, atau Kementerian Agama.

Menanggapi kebijakan tersebut, anggota DPRD Kota Samarinda, Laila Fatihah, menyampaikan bahwa pelaku usaha yang memahami proses mendapatkan sertifikat halal dan menjaga kebersihan produk masih terbilang sedikit.

Demi meningkatkan kemampuan dan pengetahuan aka kualitas produk yang aman, halal, dan higienis, Pansus DPRD Kota Samarinda mengambil langkah strategis dengan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pelaku usaha.

“Masih sedikit pelaku usaha yang paham bagaimana memproses suatu produk agar dapat sertifikat halal, aman, dan higienis,” ujarnya, Rabu (8/5/2024).

Ia menyebut pansus DPRD terus memberikan penjelasan serta menyerap aspirasi masyarakat terkait Raperda tentang Jaminan Produk Aman, Halal, dan Higienis.

Mereka berkomitmen untuk membantu para pemilik usaha dalam memahami pentingnya sertifikasi halal dan higienis serta memberikan panduan tentang cara memperolehnya.

Langkah konkret yang diambil Pansus adalah dengan merangkul para pemilik usaha untuk membantu mereka dalam proses verifikasi sertifikat halal dan higienis.

“Kami ingin membantu para pemilik usaha agar mereka dapat memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk mendapatkan sertifikat halal dan higienis,” jelasnya.

Laila berharap, dengan adanya Perda tentang Jaminan Produk Aman, Halal, dan Higienis, masyarakat Kota Samarinda dapat lebih terjamin kesehatannya dan terhindar dari produk-produk yang tidak memenuhi standar.

“Intinya, Perda ini bertujuan melindungi kesehatan masyarakat,” tutupnya. (Bey)

error: Content is protected !!