Hukum & PeristiwaKukar

Polisi Berhasil Meringkus Tiga Pelaku Curanmor di Tenggarong Seberang

567
×

Polisi Berhasil Meringkus Tiga Pelaku Curanmor di Tenggarong Seberang

Sebarkan artikel ini
Motor Hasil Curian telah Diamankan Polsek Tenggarong Seberang. (Ist)

Timeskaltim.com, Kukar – Polsek Tenggarong Seberang, berhasil menangkap tiga pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) di Kecamatan Tenggarong Seberang pada 4 Juni 2024.

Pelaku yang berhasil ditangkap adalah DS (37), EH (42), dan AS (27). Ketiganya diketahui sebagai kawan dekat yang telah melakukan aksi pencurian di lima Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang berbeda dalam periode April hingga Mei 2024.

Penangkapan ketiga pelaku dilakukan sekitar pukul 01.00 WITA. Mereka berhasil mencuri delapan sepeda motor dari tiga lokasi di Desa Karang Tunggal, satu lokasi di Desa Bukit Pariaman, dan satu lokasi di Desa Bangun Rejo.

“Mereka berhasil mencuri delapan sepeda motor dengan tipe yang berbeda-beda,” ungkap Kapolsek Tenggarong Seberang, IPTU Raymond Juliano William pada, Rabu (12/6/2024).

Raymond bilang, pelaku menjalankan aksinya dengan mengintai motor-motor yang parkir di teras rumah warga.

“Laporan dari masyarakat, yang jadi sasaran maling itu motor yang diparkir di depan teras rumah,” terangnya

Ia juga mengungkapkan, penangkapan pertama dilakukan terhadap pelaku DS oleh tim gabungan Polsek Tenggarong Seberang dan Polsek Samarinda Utara.

Selanjutnya, tim berhasil menangkap EH di Kota Samarinda. Berdasarkan penjelasan IPTU Raymond, ketiga pelaku memiliki peran yang berbeda-beda. EH dan DS bertugas melakukan pencurian, sementara AS bertugas menjual motor curian tersebut ke beberapa daerah, seperti Kutai Timur (Kutim), Balikpapan, dan Paser.

“Dari penjelasan itu, Tim gabungan langsung melakukan pencarian Barang Bukti (BB) curanmor di beberapa daerah untuk diamankan. Ada satu unit Honda CRF dan tujuh Yamaha NMAX,” jelas IPTU Raymond.

“Pelaku sementara kita amankan di Mapolsek Samarinda Utara untuk menjalani pemeriksaan selanjutnya,” tambahnya.

Kini, ketiga pelaku kini terancam Pasal 363 KUHP terkait pencurian dengan pemberatan. Diketahui, barang bukti yang berhasil diamankan antara lain satu unit sepeda motor Honda CRF dengan nomor polisi KT 4948 JP dan tujuh unit sepeda motor Yamaha NMAX dengan berbagai nomor polisi, yaitu KT 2607 FQ, KT 4345 JB, KT 6486 JR, KT 4145 CAP, KT 2771 JR, KT 3203 JQ, dan KT 6123 CAH. (Rob/Wan)

error: Content is protected !!