Perpustakaan Daerah Kaltim Direncanakan Buka Hingga Malam Hari 

Perpustakaan Daerah Provinsi Kaltim. (ISTIMEWA) 

Timeskaltim.com, Samarinda – Semenjak pandemi COVID-19 menerjang Indonesia, tak terkecuali Kaltim, pelayanan Perpustakaan Daerah Provinsi Kaltim pun terbatas. Artinya berkuranglah pelayanan yang maksimal. 

Namun karena pandemi telah usai, maka pelayanan perpustakaan pun akan dibuka kembali. Bahkan, pengunjung bisa mengunjungi perpustakaan yang berlokasi di Jalan Ir Juanda di malam hari. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim Syafranuddin atau Ivan panggilan akrabnya, pelayanan hingga malam hari ini akan memberikan kesempatan bagi masyarakat Kaltim yang tidak memiliki waktu banyak di siang hari. 

“Ini bisa memberi kesempatan kepada masyarakat yang tidak bisa berkunjung pada siang hari. Kemudian, bisa memanfaatkan waktu luang untuk berkunjung ke perpustakaan,”terang Ivan. 

Menjadi perhatian ialah kesiapan sumber daya manusia (SDM). Ivan memastikan SDM di perpustakaan mencukupi, dengan syarat diatur sedemikian rupa. Dengan adanya pelayanan malam tersebut, maka pengaturan kerjanya menggunakan sistem shift. 

“Nanti akan kami buat shift-shift. Satu bidang kan 8 orang, jadi 1 hari cukuplah. Katakanlah 4 jam sekali ada 2 orang. Artinya masih ada sisa 4 orang lagi, nanti bisa kita atur,”katanya. 

Pelayanan malam ini direncanakan akan diterapkan setelah pihaknya menyelesaikan perbaikan ruangan. Ivan berharap dengan adanya pelayanan malam ini, akan bisa meningkatkan minat baca masyarakat Kaltim. (adv/FD/DKPKaltim11)