Olahraga

PERPANI Kaltim Sukses Gelar Tournament Panahan Nasional 2024

579
×

PERPANI Kaltim Sukses Gelar Tournament Panahan Nasional 2024

Sebarkan artikel ini
Teks Foto: Ketua Perpani Kaltim, Sutomo Jabir. (Muhammad Hasbi/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Samarinda – Gelar Open Tournament Panahan Nasional 2024, Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) Kalimantan Timur (Kaltim) sukses melaksanakan piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) untuk yang ke-4  kalinya.

Melalui ketua Perpani Kaltim, Sutomo Jabir mengucapkan dukungan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov), karena kegiatan yang telah digagas Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kalimantan Timur (Kaltim) ini dapat diselengarakan secara _continue_ yang untuk ke empat kalinya.

“Semenjak menjabat sebagai ketua umum perpani Kaltim, kita sudah melaksanakan kejuaran dimulai dari tahun 2021 sampai dengan tahun ini 2024, tentu ini berkat dukungan dari pemprov khususnya dispora”, ujar Sutomo Jabir, saat diwawancarai wartawan Times Kaltim, pada Senin (10/06/2024).

Sutomo jabir mengungkapkan, kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi dari semua atlet sepuluh Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Timur, tim-tim panahan, dan ada yang dari luar daerah seperti Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Utara (Kaltara) dan Sulawesi Selatan (Sulses), ini menandakan bahwa Perpani Kaltim diminati oleh masyarakat panahan hingga nasional.

“Sehingga jika bicara soal prestasi, kita itu hanya sedikit berada dibawa dibanding dengan atlet-atlet yang ada di pulau Jawa, tapi kalau diluar jawa saya rasa panahan kaltim cukup diseganilah kalau berbicara soal panahan,” jelasnya.

Kendati demikian, Sutomo Jabir yang juga anggota DPRD Provinsi Kaltim itu menambahkan, bahwa ajang ini tidak hanya sekedar serimonial pelaksanaan tetapi sekaligus untuk menjadi ajang seleksi.

“Ajang ini juga kita jadikan untuk melakukan seleksi, mempersiapkan atlet untuk kejurnas tingkat junior dibatam, sehingga setiap kita mengadakan kegiatan piala gubernur itu kita jadikan sebagai ajang untuk mempersiapkan atlet untuk kerjurnas,” ungkapnya.

Pada tempat yang sama, Ketua pelaksana kegiatan yang juga Kepala bidang (Kabid) peningkatan prestasi dan olahraga dispora kaltim Rasman menambahkan bahwa, Pemprov kaltim harus memaksimalkan kejuaraan ini karena panahan ini merupakan kegiatan dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), dan juga sudah menjadi olahraga unggulan kaltim.

“Panahan ini salah satu kegiatan yang diminati oleh orang banyak, karena sudah banyak muncul kegiatan perlombaan yang diadakan oleh club-club panahan dan sekolah-sekolah, segingga panahan ini bukan saja menjadi olahraga prestasi, tapi juga industri olahraga,” katanya.

Hal menarik lainya yang dikatakan Rasman bahwa, dalam kegiatan tournament kali ini juga oleh atlet National Paralympic Committee Indonesia (NPCI), atau atlet dengan penyangdang disabilitas.

“Saya sangat salut dan mengapresiasi para atlet penyang disabilitasi yang mengikuti kegiatan ini, ini sangat luar biasa karena mereka ini tentu memicu semangat atlet-atlet yang lain untuk terus berproses”, pungkasnya. (Has/Wan)

error: Content is protected !!