Kukar

Optimalkan Lahan Pertanian, Pemdes Semangko Bangun Tanggul

71
×

Optimalkan Lahan Pertanian, Pemdes Semangko Bangun Tanggul

Sebarkan artikel ini
Kantor Desa Semangko. (Ist)

Timeskaltim.com, Kukar – Pemerintah Desa (Pemdes) Semangko, Kecamatan Marangkayu, Kutai Kartanegara (Kukar) kini tengah giat melakukan proses pembangunan tanggul. Hal tersebut bertujuan untuk memperlancar aliran air menuju lahan pertanian masyarakat yang terdampak sejak akhir tahun 2022.

Kepala Desa (Kades) Semangko, Ansar K mengungkapkan, bahwa perbaikan tanggul yang jebol pada tahun 2022 akhir menjadi fokus utama Pemdes saat ini.

“Tanggul desa Semangko jebol pada akhir tahun 2022, yang menyebabkan terganggunya saluran irigasi perairan pertanian masyarakat setempat,” ujar Ansar K saat diwawancarai melalui via telepon, pada Senin (03/06/2024).

Dia bilang, tanggul yang memiliki luas sekitar 1000 hektar (H) ini sangat penting untuk mengairi wilayah pertanian. Pembangunan tersebut diharapkan dapat terselesaikan tahun ini. Selambat-lambatnya tahun 2025.

“Tanggul di desa kami terbilang cukup luas, kurang lebih 1000 hektarlah, untuk pembangungan sendiri diusahakan tahun ini kalo tidak di tahun depan,” Jelasnya

Dengan adanya tanggul yang berfungsi optimal, Pemdes Semangko berharap produksi pertanian masyarakat dapat meningkat secara maksimal.

“Harapan ke depannya, kami memiliki tanggul yang dapat membantu masyarakat pertanian untuk meningkatkan produksi agar bisa lebih maksimal,” harapnya

Terakhir, dia mengungkapkan, upaya ini merupakan langkah nyata Pemdes Semangko dalam mendukung keberlanjutan pertanian dan kesejahteraan petani di wilayahnya. Masyarakat pun menantikan hasil dari pembangunan ini demi kelancaran aktivitas pertanian mereka. (Rob/Wan)

error: Content is protected !!