DaerahLifestyle

Konsumen Optimis Jaga IKE dan IEK Kaltim

199
×

Konsumen Optimis Jaga IKE dan IEK Kaltim

Sebarkan artikel ini

Grafik Survei Konsumen (SK) di Kaltim. (Ist.)

Timeskaltim.com, Samarinda – Optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi Kaltim berdasarkan hasil Survei Konsumen (SK) Provinsi Kalimantan Timur Februari 2023 tetap terjaga.

Hal itu disampaikan pada siaran pers Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltim melalui surat edaran No.25/8/Smr/SPers/B, Jumat (10/3/2023).

SK tersebut terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang mencapai 141,3 berada di atas level optimis (indeks>100).

Tingginya IKK tersebut merupakan kontribusi dari indeks Ekonomi saat ini (IKE) yang tercatat sebesar 136,7 dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tercatat sebesar 145,8.

Terjaganya IKE karena ditopang oleh optimisme akan penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja saat ini, serta pembelian barang tahan lama dengan pencapaian indeks masing-masing tercatat sebesar 133,5; 147,5; dan 129,0 yang berada di level optimis

Terpantau, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi Kaltim pada 6 bulan ke depan dipastikan masih kuat. Sebab, IEK tetap terjaga pada level optimis sebesar 145,8.

Terjaganya IEK merupakan hasil dari ekspektasi konsumen terhadap penghasilan, kegiatan usaha, dan ketersediaan lapangan kerja yang masing-masing tercatat sebesar 141,5; 145,5; dan 149,5.

Pihak Perwakilan Bank Indonesia Kaltim berharap, momentum solidnya IkE dan IEK diharapkan mampu diimbangi kondusivitas perekonomian Kaltim melalui penguatan pembangunan ekonomi yang inklusif untuk Kaltim berdaulat. (Adv/Bey/Aji/Diskominfo Kaltim)

error: Content is protected !!