Kongres XV IPI Tahun 2022 Angkat Tema Peran Pustakawan Dalam Ekosistem Digital Nasional

Suasana Kongres XV dan Seminar Ilmiah Nasional IPI.(ISTIMEWA)

Timeskaltim.com, Surabaya – Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) menggelar Kongres XV dan Seminar Ilmiah Nasional di Vasa Hotel Surabaya selama tiga hari. Dari 1 November 2022 hingga 4 November 2022. Kongres tersebut mengangkat tema ‘Peran Pustakawan dalam Ekosistem Digital Nasional’.

Pada hari kedua, sesi acara diisi dengan seminar ilmiah nasional. Pembicara utama dalam seminar tersebut ialah Gol A Gong. Gol A Gong ialah penulis dan sekaligus Duta Baca Indonesia.

Gol A Gong menyatakan, betapa pentingnya pustakawan untuk selalu kreatif pada era digital. Khususnya, pustakawan harus didorong untuk menghasilkan produk dan jasa.

Ditambahkan pula oleh Duta Baca Jawa Timur, Heralda Syafira. Ia menjelaskan bahwa internet menjadi kebutuhan utama masyarakat Indonesia saat ini. Bahkan, masyarakat Indonesia adalah pengguna peringkat ketiga terbanyak di Asia dan peringkat keenam terbesar di dunia.

Meskipun seiring dengan berkembangnya sosial media yang menjadi sarana membangun citra penggunanya di dunia maya, namun, Heralda menilai, masih banyak masyarakat yang belum memahami etika dan literasi digital selama penggunaan internet tersebut.

Apalagi, lanjut Heralda, beradasarkan data Digital Civility Index pada tahun 2022 bahwa netizen Indonesia masuk ke dalam urutan ke-29 atau ketiga terendah sebagai netizen tidak sopan di dunia. Bahkan, peringkat pertama di Asia.

“Golongan usia paling banyak mendapatkan perlakuan tidak mengenakkan adalah milenial,”kritiknya.

“Oleh karena itu, kita harus bijak menggunakan media sosial dan berhati-hati untuk mengunggah data di dunia maya. Saya melakukan kampanye dengan judul Pijar Literasi atau Pintar Bijak dan Kreatif dalam Berliterasi Digital,”pintanya.(adv/FD/DPK Kaltim101)