Kemudahan Pengarsipan OPD di Wilayah Pemprov Kaltim Melalui SRIKANDI 

Kepala DPK Kaltim, Syafranuddin. (Aji/TimesKaltim)

Timeskaltim.com, Samarinda – SRIKANDI adalah aplikasi termutakhir yang dinisiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim. SRIKANDI, pada dasarnya, merupakan integritas antara Pengelolaan Arsip Dinamis secara instansional berbasis digital melalui aplikasi SIKD (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis) dan secara nasional pada kementrian, lembaga dan pemerintah daerah. 

Kepala DPK Kaltim, Syafranuddin atau Ivan panggilan akrabnya menyatakan, SRIKANDI ini aplikasi yang diperuntukkan untuk administrasi seluruh OPD di wilayah Pemprov Kaltim. 

Terdapat beberapa manfaat yang didapat OPD melalui aplikasi SRIKANDI. 

“Diantaranya, memudahkan komunikasi dan koordinasi antar instansi dan pemerintah. Serta memudahkan akses informasi kearsipan yang diperlukan oleh publik.”

“Selain itu, diharapkan kinerja aparatur meningkat dan lebih optimal dalam mencapai target organisasi serta mendukung upaya penghematan kertas,”jelas Ivan. 

Adapun, lanjutnya Kunci keberhasilan penerapan Srikandi terletak pada peran serta dan kolaborasi yang kuat dari seluruh stakeholder di lingkungan kementrian/lembaga yang bersangkutan. Sehingga pada akhirnya aplikasi ini dapat memberikan manfaat dan dapat terintegrasi dengan baik untuk pelayanan kearsipan, baik internal maupun eksternal.

Melalui kearsipan berbasis digital dapat terekam dengan baik semua peristiwa  sehinga, nantinya akan menjadi akuntabilitas dan memori kolektif bangsa dalam sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“Makanya di OPD, ada operator-operator yang mengoperasikan aplikasi SRIKANDI ini. Kalau ada mencari data pada tahun berapa, tinggal ketik keywordnya, nanti pasti langsung keluar,”tutupnya.(adv/FD/DPKKaltim09)