Amankan Dokumen Penting Masyarakat Kaltim Melalui Program SIAGA Arsip  

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim, Syafranuddin. (Halid/TimesKaltim)

Timeskaltim.com, Samarinda – Jika masyarakat mengalami bencana, seperti kebakaran ataupun banjir, dokumen kependudukan yang penting kerap kali menjadi korbannya. Dokumen kependudukan bisa hancur dan tak bisa digunakan kembali. 

Melihat keadaan ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim telah memiliki Gerakan Selamatkan Informasi Arsip Keluarga (SIAGA) Arsip. Kepala DPK Kaltim, Syafranuddin mengungkapkan, gerakan ini adalah langkah konkrit maupun upaya pemerintah dalam melindungi dokumen pentingnya warga Kaltim. 

“Gerakan Siaga Arsip ini langkah nyata kita mengamankan dokumen penting warga dampak terjadi bencana,” terang Ivan, panggilan akrabnya. 

Meskipun saat ini telah ada sistem teknologi informasi (google drive) yang dimanfaatkan untuk menyimpan dokumen, namun terkendala batas waktu. Skenario terburuknya pula, jika pemilik akun meninggal dunia, orang terdekatnya akan kesulitan mengakses data tersebut. 

“Jadi yang kami simpan bukan data atau dokumen aslinya, tapi dalam bentuk scanner dan sewaktu-waktu diperlukan pihak keluarga, maka akan kita berikan dalam bentuk print out. Sedangkan dokumen scannernya kita simpan kembali.”

“Ketika data atau dokumen penting keluarga tersimpan di Program Siaga Arsip. Dimana, pihak keluarga atau ahli warisnya cukup menunjukkan dokumen asli, maka petugas langsung membuka file data mereka diprogram,”papar Ivan. 

Ivan berharap Gerakan Siaga Arsip menjadi bagian upaya tertib arsip bagi masyarakat Kaltim. Meskipun gerakan ini tidak memaksa masyarakat Kaltim untuk melakukannya, ini menjadi salah satu bentuk pelayanan DPK Kaltim kepada masyarakat Kaltim.(adv/FD/DPKKaltim08)