Investasi Sedari Muda Persiapkan Financial Freedom di Masa Tua

Penulis : Muthia Maudi Mahasiswa Aktif Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman (istimewa)

Banyaknya pilihan investasi di jaman sekarang, menarik khalayak untuk menjadikannya investasi jangka panjang maupun jangka pendek. Investasi itu berupa kepemilikan properti, uang, emas, tanah, reksadana, saham ataupun yang sedang trend sekarang seperti Bitcoin (mata uang virtual). Investasi ini tentunya tak hanya dilakukan oleh para orang-orang dengan rentang umur 25 tahun ke atas saja, melainkan sudah ada rentang umur 17 tahun yang mulai melakukan investasi.

Investasi bukan hanya menjadi bekal di masa depan, namun juga menjadi persiapan untuk menghadapi permasalahan dan krisis keuangan di masa mendatang. Apalagi kita sebagai anak muda tidak mungkin selalu memprediksi keadaan yang akan kita hadapi di masa mendatang, tetapi kita harus bisa untuk mulai mepersiapkan diri dengan melakukan persiapan finansial seperti investasi, dimulai dari hal yang terkecil dan mulai untuk menanamkan niat untuk mulai investasi sejak dini.

Apakah kalian pernah mendengar istilah financial freedom? Jadi, Kebebasan finansial atau financial freedom itu merupakan keadaan di mana kita memiliki kekayaan atau pendapatan yang dapat mencukupi hidup tanpa harus bekerja dengan aktif lagi seperti biasa yang dilakukan. Uang yang didapatkan dari hasil menabung atau bekerja, daripada dihamburkan untuk barang-barang yang belum tentu kita pakai di masa depan, sekitar 20% dari penghasilan kita bisa untuk diinvestasikan, supaya keuntungannya juga dapat kita rasakan di kemudian hari. Sekarang banyak anak muda yang berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan gelar ‘financial freedom’.

Semenjak pandemi melanda di seluruh belahan dunia, khususnya Indonesia banyak para anak muda yang mulai mencari uang dengan melakukan berbagai macam pekerjaan. Ada yang mulai membangun bisnis skala kecil-kecilan hingga skala besar, dan ada yang mulai membangun beberapa komunitas yang dapat mengahasilkan profit yang juga sangat besar. Semua ini di mula dari rasa kerja keras untuk mendapaktan gelar ‘financial freedom’.

Bagaimana langkah awal agar bisa mendapatkan gelar ‘financial freedom’?, mungkin kalimat dari ‘financial freedom’ cukup membuat tekanan di dalam diri, tetapi ada rasa termotivasi juga untuk bisa berada pada fase ‘financial freedom’. Tentunya yang pertama kali kita lakukan, yaitu melakukan niat. Niat dalam sungguh-sungguh bekerja dan melakukan sesuatu dengan giat, niat ketika mendapatkan uang harus bisa untuk tidak boros dengan membelanjakan hal yang kita suka semata-mata hanya ingin terlihat keren. Karena jika selalu mengikuti perkembangan zaman, kita tidak ada hentinya untuk selalu mengeluarkan uang untuk membeli barang tersebut.

Sebagai anak muda cobalah untuk mulai tidak boros dalam memegang keuangan, mulai sisihkan pendapatan sesuai dengan kebutuhan kita dan mulai untuk bisa menginvestasikannya ke beberapa macam investasi. Mungkin jika dirasa berat untuk melakukan investasi secara besar, maka cobalah dulu untuk melakukannya dari investasi yang kecil. Tidak masalah untuk melakukan investasi dari yang terkecil dulu, hal ini seperti menanamkan uang di reksadana. Walaupun tak seberapa keuntungan atau profit yang didapatkan, tetapi reksadana salah satu investasi yang cukup menarik bagi anak muda untuk investasi jangka panjang.

Jika ingin berinvestasi, maka jangan lupakan untuk menyisihkan uangnya terlebih dahulu ke kebutuhan pokok. Kebutuhan pokok ini seperti makanan, pakaian, biaya sekolah hingga ke kesehatan. Karena kita harus bisa membagi keuangan untuk kebutuhan pokok dan juga mana uang yang akan disisihkan untuk investasi. Pembagian dalam menyisihkan uang ke kebutuhan pokok dan investasi cukup beragam, ada yang menyisihkan 50% untuk ke kebutuhan pokok, 30% untuk self-reward atau wishlist barang yang ingin dibeli, hingga ada yang menyisihkan untuk investasi sebesar 20%.

Mulai lah untuk bisa mengurangi nongkrong di cafe yang biasanya kita membeli secangkir kopi seharga 25 ribu dan mulai mengganti dengan membuat kopi di rumah yang bermodal 5 ribu saja. Hingga pada akhirnya bisa menyisihkan 20 ribu untuk awal investasi. Di zaman sekarang semakin dipermudah jika ingin investasi dari modal berapa saja, ada salah satu aplikasi investasi reksadana yang bernama ‘Bibit’. Mulai dari 20 ribu saja, kita sudah bisa mulai untuk menanamkan uang kita pada investasi reksadana. Bahkan cukup mudah kan untuk memulainya?

Semakin keras giat dalam bekerja dari semasa kita muda untuk mendapatkan gelar ‘financial freedom’ di masa tua, maka semakin besar juga peluang kita untuk bisa menuju pada titik financial freedom. Tetapi jangan lupa juga untuk memperhatikan dirimu sendiri. Karna jangan sampai mengejar gelar ‘financial freedom’ di masa tua, kita sebagai anak muda lupa untuk membahagiakan diri kita sendiri karna terlalu keras bekerja hingga lupa akan pentingnya kesehatan mental dan fisik pada diri sendiri.

Sebagai anak muda juga kita harus mulai memikirkan masa depan keuangan dari sekarang hingga bisa berada pada titik ‘financial freedom’ dengan cara mulai investasi. Karna semakin dipermudahnya oleh perkembangan teknologi, kita bisa belajar melalui youtube, instagram hingga membaca portal quora mengenai cara investasi yang benar agar kita tidak salah melangkah dalam melakukan investasi. Minim ilmu bisa menjadi penghambat juga dalam berinvestasi, maka dari itu gunakan perkembangan teknologi yang ada untuk mengakses ilmu investasi.*

*Penulis:Muthia Maudi [Mahasiswa Aktif Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman]