DPRD Kota Samarinda

Gelar RDP dengan Disnaker, Komisi IV DPRD Samarinda Awasi Pendistribusian THR Idul Fitri 2024

64
×

Gelar RDP dengan Disnaker, Komisi IV DPRD Samarinda Awasi Pendistribusian THR Idul Fitri 2024

Sebarkan artikel ini

Deni Hakim Anwar, Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Samarinda. (Berby/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Samarinda – Komisi IV DPRD Kota Samarinda menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Samarinda. RDP ini bertujuan guna membahas pengawasan pendistribusian Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 2024 di Kota Samarinda.

Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda, Deni Hakim Anwar menjelaskan kegiatan itu untuk memastikan bahwa Disnaker Samarinda telah melakukan pengawasan terhadap pendistribusian THR di perusahaan-perusahaan se-Kota Samarinda.

“Disnaker Samarinda kami harus memastikan mereka menjalankan fungsinya dalam mengawasi pembayaran THR,” kata Deni pada Rabu, (27/3/2024).

Disnaker Samarinda pun melaporkan bahwa beberapa perusahaan telah membayarkan THR kepada karyawannya sebelum batas waktu yang ditetapkan, yaitu satu minggu sebelum Idul Fitri.

Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan, terdapat ketentuan tentang denda bagi perusahaan yang tidak memberikan THR kepada karyawannya.

Denda yang dikenakan adalah lima persen dari total THR yang harus dibayarkan, dihitung sejak berakhirnya batas waktu kewajiban pengusaha untuk membayar THR.

“Kami juga menyampaikan bahwa terdapat posko pengaduan untuk THR. Kami ingin Disnaker memberikan laporan kepada kami untuk memastikan bahwa para pekerja telah menerima haknya,” tambahnya.

Politikus Partai Gerindra ini menyatakan hingga kini, semua perusahaan di Samarinda telah berkomitmen untuk membayarkan THR kepada para pekerjanya.

“Sampai hari ini, perusahaan-perusahaan di Kota Samarinda semua berkomitmen untuk membayarkan THR di bawah atau sebelum hari lebaran,” pungkasnya. (Bey)

error: Content is protected !!