Diskominfo Kukar

Event KFBN Dapat Respon Positif Dari Pelaku UMKM Lokal

99
×

Event KFBN Dapat Respon Positif Dari Pelaku UMKM Lokal

Sebarkan artikel ini
Boot UMKM Lolam di Event KFBN di Area Stadion Rondong Demang. (Roby Sugiarto/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Kukar – Pagelaran Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) kembali hadir di tahun 2024, tidak hanya membawa kemeriahan budaya dan kesenian, tetapi juga menjadi momentum penting bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kutai Kartanegara (Kukar) untuk mendongkrak perekonomian mereka.

Diselenggarakan dari tanggal 8 hingga 13 Juli 2024, KFBN menghadirkan berbagai pertunjukan seni dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Namun, dibalik gemerlapnya festival, terdapat semangat para pelaku UMKM yang memanfaatkan momen ini untuk memperkenalkan produk mereka kepada khalayak yang lebih luas.

Salah satunya, Yohana anggota Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tenggarong, yang juga merupakan seorang pengrajin aksesoris khas Kalimantan Timur (Kaltim), merasakan dampak positif yang signifikan dari KFBN.

“Bagi kami, adanya event-event seperti ini sangat bagus. Pertama, produk kami bisa dikenal hingga ke luar daerah bahkan luar negeri,” ungkap Yohana di Boot Event KFBN Di Area Stadion Rondong Demang Tenggarong, pada Senin (08/07/2024).

Sejak dibukanya KFBN, Yohana telah merasakan peningkatan penjualan yang signifikan. Dirinya mengungkapkan Dari tadi siang, sudah banyak pembeli dan pengunjung dari luar daerah yang membeli produknya.

Lebih lanjut, Yohana sangat mengapresiasi dukungan terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar yang menyediakan booth gratis bagi para UMKM.

“Booth ini diberikan secara gratis dari Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar,” ujarnya.

Dia juga menuturkan, produk-produk yang dijualnya seperti serahung, sendal manik, dan berbagai macam benda berhias manik-manik dengan motif khas Kaltim.

“Saya berharap KFBN dapat terus diadakan setiap tahunnya dan menjadi ajang promosi yang efektif bagi produk-produk UMKM lokal,” harap Yohana.

Selain penjual aksesoris, Ida salah satu penjual kuliner yang menjajakan dagangannya di KFBN, juga merasakan dampak positif dari festival ini.

“Alhamdulillah, dari kegiatan ini, dampak positifnya sangat banyak. Karena setiap orang yang berjalan, ada saja yang membeli makanan ke booth saya,” ungkap Ida sambil tersenyum manis.

Ida juga melihat bahwa event KFBN tidak hanya menarik minat anak muda, tetapi juga para orang tua.

“Acara ini sangat ramai dikunjungi, bukan hanya anak-anak, tapi banyak juga orang tua yang datang ke sini,” tuturnya.

Ida berharap event-event seperti KFBN dapat terus diadakan untuk membantu para pedagang kecil seperti dirinya.

“Semakin banyak event seperti ini, semakin banyak membantu masyarakat,” tandasnya. (Adv/KominfoKukar/Rob/Wan)

error: Content is protected !!