DPK Kaltim Telah Memiliki 5 Aplikasi Demi Membantu Pustakawan

Talkshow DPK Kaltim Bersama Salah Satu TV Lokal di Kota Balikpapan.(ISTIMEWA)

Timeskaltim.com, Balikpapan – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim telah memiliki 5 aplikasi yang bertujuan untuk mempermudah pustakawan dalam mendapatkan pelayanan perpustakaan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Otomasi dan Pelayanan Perpustakaan, E Mustika Wati.

Mustika menyatakan, 5 aplikasi tersebut diantaranya Inlislite Versi 3.2, aplikasi iKaltim, aplikasi Pustaka Borneo, aplikasi PADI, dan website www.dpkd.kaltimprov.go.id.

“Aplikasi Inlislite untuk penggunaan buku konvensional cetak, aplikasi iKaltim untuk e-book, aplikasi Pustaka Borneo itu untuk koleksi konten lokal yang berkaitan serah simpan karya cetak dan rekam, website Dinas Perpustakaan dan Kearsipan itu sendiri yang berada terdepan untuk pelayanan perpustakaan, serta layanan aplikasi digital PADI yang diberikan oleh Telkom,”jelas Mustika di dalam acara talkshow salah satu tv lokal pada Jum’at, (11/11).

Berbagai aplikasi ini merupakan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Bidang Otomasi dan Pelayanan Perpustakaan. Dimana, pihaknya mengubah sistem pelayanan perpustakaan dari yang sifatnya konvensional, menjadi digital.

“Kami melakukan pengembangan pelayanan perpustakaan. Yang mana tadinya perpustakaan itu bersifat konvensional, sekarang lebih kepada IT. Sesuai dengan perkembangan informasi dan teknologi.”

“Apalagi kita sudah memasuki revolusi industri 4.0, dimana mahasiswa khususnya tidak aneh lagi dengan perkembangan aplikasi,”paparnya.

Mustika menyatakan pihaknya akan terus melakukan transformasi pelayanan guna mempermudah pelayanan kepada pustakawan. Khususnya mahasiswa yang notabene sebagai anggota perpustakaan terbanyak di Perpustakaan Daerah Kaltim.(adv/FD/DPK Kaltim104)