Diskominfo Kukar

DLHK Kukar Dorong Kelurahan Panji Wujudkan Program Kampung Iklim Nasional

119
×

DLHK Kukar Dorong Kelurahan Panji Wujudkan Program Kampung Iklim Nasional

Sebarkan artikel ini
Jafung Pengendalian Dampak Lingkungan Ahli Muda DLHK Kukar, Muhammad Ali. (Roby Sugiarto/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Kukar – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kutai Kartanegara (Kukar) mendorong Kelurahan Panji membangun Program Kampung Iklim (Proklim) pada tingkat nasional. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk adaptasi dan mitigasi terhadap maraknya perubahan iklim di Indonesia. Terkhusus, daerah Kaltim.

Melalui Jabatan Fungsional (Jafung) Pengendalian Dampak Lingkungan Ahli Muda DLHK Kukar, Muhammad Ali mengatakan, Kelurahan Panji telah menunjukkan komitmennya terhadap upaya-upaya keberlanjutan sebelumnya, yang dibuktikan dengan meraih predikat sebagai kelurahan idaman dalam program DLHK Kukar pada tahun 2023.

“Pada tahun sebelumnya Kelurahan Panji berhasil mendapatkan predikat Kelurahan Idaman dari DLHK Kukar, sehingga tahun ini akan ditunjuk sebagai perwakilan Kukar pada tingkat nasional,” jelas Ali  saat ditemui Times Kaltim di ruang kerjanya, pada Selasa (07/05/2024) siang.

Ali bilang, proklim sendiri dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), guna menciptakan kampung yang lebih berkelanjutan dari segi lingkungan dan ekonomi sambil mengurangi dampak perubahan iklim.

Lanjutnya, fokus utama dari Proklim adalah penurunan emisi gas rumah kaca. Namun, tidak hanya itu, program ini juga akan memperhatikan aspek-aspek lain seperti pengelolaan lahan dan ketahanan pangan terhadap perubahan iklim.

“Fokus lainnya seperti tutupan lahannya ketahanan pangan terhadap perubahan iklim,” terangnya.

Ali berharap, bahwa partisipasi Kelurahan Panji dalam Program Kampung Iklim akan menjadi kesuksesan yang tidak hanya menguntungkan bagi lingkungan lokal, tetapi juga dapat membawa nama baik bagi Kukar secara keseluruhan.

“Harap saya mudah mudahan berhasil dan dapat membawa nama baik kutai kartanegara,” harapnya.

Dengan kerjasama antara pemerintah daerah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait lainnya. sehingga, program ini akan memberikan dampak positif yang signifikan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup di Kukar. (Adv/KominfoKukar/Rob/Wan)

error: Content is protected !!