Diskominfo Kukar

Desa Rapak Lembur Fokus Pengembangan Infrastruktur Pertanian

79
×

Desa Rapak Lembur Fokus Pengembangan Infrastruktur Pertanian

Sebarkan artikel ini
Kades Rapak Lembur, Muhammad Yusuf. (Roby Sugiarto/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Kukar – Kepala Desa (Kades) Rapak Lembur, Muhammad Yusuf, berkomitmen mendorong pengembangan desa melalui peningkatan infrastruktur di wilayahnya. Pihaknya ini bakal, fokus dalam memperbaiki kualitas hidup warganya.

Yusuf menjelaskan, bahwa pada tahun 2024, akan dilakukan pengerasan jalan di tiga titik strategis dengan total panjang lebih dari satu kilometer.

“Kami akan melakukan perbaikan di RT 5 Jalan Durian dan RT 8 Jalan Rapak Lembur Serbaya,” ujar Yusuf, pada Senin (10/06/2024).

Ia menerangkan, pengerjaan jalan ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Murni dan direncanakan untuk menghubungkan wilayah desa dengan Kecamatan Sebulu, yang akan mempermudah akses warga.

Tidak hanya jalan umum, jalan pertanian juga menjadi prioritas. Yusuf menjelaskan, jalan pertanian akan kita tindak lanjuti dengan pengerasan jalan.

Lanjutnya, dengan luasan lahan pertanian mencapai 800 hektar, dimana 500 hektar di antaranya adalah lahan produktif, perbaikan infrastruktur ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas petani. mengingat 80 persen penduduk desa adalah petani.

“Kalau kurang kita fasilitasi, kasihan petani kita yang akan kurang produktif dalam melakukan aktivitas mereka,” tambahnya

Selain perbaikan jalan, program pipanisasi irigasi yang digagas oleh Bupati Kukar, Edi Dayamsyah juga turut membantu para petani.

Pada tahun 2023, desa ini telah menerima bantuan sepanjang 600 meter dan tahun ini akan ada tambahan lagi meskipun panjangnya belum diketahui.

“Program ini sangat membantu, terutama dalam mendukung kegiatan pertanian yang menjadi mata pencaharian utama warga,” kata Yusuf

Dengan berbagai upaya ini, Yusuf berharap, Desa Rapak Lembur, dapat terus berkembang agar menjadi desa yang lebih maju, baik dari segi infrastruktur maupun kesejahteraan masyarakatnya. (ADV/Kominfokukar/Rob/Wan)

error: Content is protected !!