Kukar

Desa Kayu Batu Miliki Program Unggul Penanganan Sampah

97
×

Desa Kayu Batu Miliki Program Unggul Penanganan Sampah

Sebarkan artikel ini
Kades Kayu Batu, Andri Shofyandani. (Roby Sugiarto/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Kukar – Kepala Desa (Kades) Kayu Batu, Kecamatan Muara Muntai, Kutai Kartanegara (Kukar), Andri Shofyandani mengungkapkan, miliki program ungulan dalam pengelolaan limbah sampah.

Ia menuturkan, sampah dari masyarakat dapat bermanfaat jika dikelola dengan baik dan memiliki nilai ekonomi. Sampah dapat diolah menjadi bahan bakar minyak serta produk lainnya yang berguna bagi masyarakat.

“Dengan adanya program pengelolaan sampah, kedepannya kita dapat memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang berguna,” kata Andri pada Rabu (05/06/2024).

Ia mengatakan, pada tahun 2024 pihaknya mendapatkan bantuan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse Reduce Recyle (TPS3R) dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar.

Lanjutnya, bantuan yang telah diberikan dari merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dalam mengatasi permalasahan sampah.

“Sampah jika dikelola dengan baik akan menjadi bahan bermanfaat dan bernilai ekonomis,” tambahnya

Pemerintah Desa (Pemdes) Kayu Batu meminta kepada masyarakat, untuk dapat menyisihkan sampahnya yang sekira bermanfaat dan memiliki nilai jualnya. Dengan menyisihkan sampah sampah itu juga dapat menjaga lingkungan sekitar.

“Masyarakat harus bisa menyisihkan sampahnya dan jangan langsung dibuang ke sungai, agar lingkungan kita bersih,” ucapnya.

Di akhir sesi, Andri menerangkan, melalui program pengelolaan sampah, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebab dalam pengelolaannya Pemdes Kayu Batu, melibatkan sejumlah masyarakat.

“Kita melibatkan masyarakat setempat dalam pengelolaan sampah itu, kami berharap ekonomi masyarakat dan terwujudnya masyarakat yang sejahtera,” pungkasnya. (Rob/Wan)

error: Content is protected !!