Kukar

Desa Jembayan Tengah Lestarikan Budaya Dengan Festival Kampong Seraong

79
×

Desa Jembayan Tengah Lestarikan Budaya Dengan Festival Kampong Seraong

Sebarkan artikel ini
Kades Jembayan Tengah, Masnur. (Roby Sugiarto/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Kukar – Desa Jembayan Tengah kembali menyelenggarakan Festival Kampong Seraung, sebuah kegiatan yang tidak hanya bertujuan sebagai wadah hiburan, tetapi juga sebagai penggerak ekonomi lokal.

Melalui, Kepala Desa (Kades) Jembayan Tengah, Masnur menegaskan, festival ini memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Kegiatan Festival Kampong Seraung ini dapat menjadi penggerak ekonomi lokal masyarakat setempat,” ujar Masnur, pada Kamis (06/06/2024).

Nur bilang, festival ini melibatkan seluruh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal untuk meramaikan kegiatan tersebut.

Lanjutnya, festival yang diisi dengan pentas kesenian ini bertujuan untuk menjadi wadah hiburan bagi masyarakat Desa Jembayan Tengah. Pentas kesenian ini juga menampilkan berbagai macam pertunjukan, mulai dari tarian tradisional, musik daerah, hingga pameran kerajinan tangan.

“Kegiatan ini diisi dengan pentas kesenian dengan tujuan menjadi wadah hiburan bagi masyarakat Desa Jembayan Tengah, dengah harapan dapat memperkuat identitas budaya desa sekaligus menjadi daya tarik wisata,” jelasnya.

Dia juga mengungkapkan, festival ini dijadwalkan untuk dilaksanakan setiap tahun, dengan tujuan kegiatan ini dapat membuat icon Desa Jembayan Tengah.

Disamping itu, kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) juga menjadi faktor kunci keberhasilan festival ini.

“Pihak kami juga sangat bersyukur, telah mendapatkan dukungan penuh dari Dinas Pariwisata (Dispar) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Kukar,” tutupnya.

Dengan komitmen untuk menjadikan Festival Kampong Seraung sebagai acara tahunan, Desa Jembayan Tengah tidak hanya berupaya melestarikan budaya lokal, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi melalui partisipasi aktif UMKM. (Rob/Wan)

error: Content is protected !!