Kukar

Festival Kampong Seraong ke-4, Bangun Ekonomi dan Lestarikan Budaya di Desa Jembayan Tengah

86
×

Festival Kampong Seraong ke-4, Bangun Ekonomi dan Lestarikan Budaya di Desa Jembayan Tengah

Sebarkan artikel ini
Festival Kampong Seraong. (Roby Sugiarto/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Kukar – Desa Jembayan Tengah, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar) merayakan hari jadinya yang ke-18 dengan menggelar Festival Kampong Seraong ke-4. Acara yang berlangsung dari tanggal 6-10 Juni 2024, ini diadakan di halaman Kantor Desa Jembayan Tengah dan mengusung tema “Desa Berbudaya dan Kreatif”.

Camat Loa Kulu, Ardiansyah menyampaikan, apresiasinya atas kelancaran acara ini, dengan Festival Kampong Saraong, kedepannya dapat mewujudkan komitmen masyarakat dan pemerintah daerah dalam melestarikan budaya sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif.

“Kita akan terus melakukan pembenahan kegiatan ini untuk meningkatkan perekonomian di Desa Jembayan Tengah dengan kegiatan festival budaya seperti ini,” ucap Ardiansyah saat ditemui awak media pada Kamis (06/06/2024).

Ia berharap, kedepannya Organinasi Perangkat Daerah (OPD) Kukar, dapat memberikan support agar kegiatan ini dapat terus berkembang serta menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar, Puji Utomo, mengungkapkan, kegiatan Festival Kampong Seraong ini, sudah berjalan dari tahun 2019 dan sempat terhenti selama COVID-19.

“Digelarnya kembali Budaya tradisional Kampong Seraong, semoga kedepannyq dapat lebih berkembang dan lebih dilestarikan dari tahun ke tahun,” tambahnya

Disisi lain, Kabid Ekonomi Kreatif (Ekraf) Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Zikri Umulda, menambahkan, penting sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam mendukung kegiatan budaya seperti Festival Kampong Seraong.

“Kami adalah etalase dari tiap-tiap festival yang ada di Kukar, mau itu kegiatan kebudayaan, kemasyarakatan, yang dapat menumbuhkan ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Ke depannya, Dispar berencana untuk bekerja sama dengan sektor film dan mengumpulkan konten kreator di Kukar untuk memperkenalkan budaya Festival Kampong Seraong melalui media visual.

“Dispar akan terus mensupport apapun kegiatan demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif,” terangnya.

Festival Kampong Seraong ke-4 ini, dapat menjadi momentum bagi masyarakat Desa Jembayan Tengah dan sekitarnya, untuk terus melestarikan budaya sekaligus mengembangkan potensi ekonomi kreatif yang ada. (Rob/Wan)

error: Content is protected !!