HealthKesehatanLifestyle

5 Manfaat Kesehatan Ketika Berlibur di Pantai

132
×

5 Manfaat Kesehatan Ketika Berlibur di Pantai

Sebarkan artikel ini

Ilustrasi.

Coba bayangkan momen di mana Anda  duduk beralaskan pasir sembari mendengarkan deburan ombak dan ditemani dengan matahari senja. 

Timeskaltim.com, Samarinda – Momen indah ini tentu menjadi dambaan kebanyakan orang, terutama untuk sekedar melepas penat dari lelahnya aktivitas di sepanjang hari. Selain menghadirkan pesona yang tak pernah ada habisnya, ternyata dengan berlibur di pantai, Anda bisa mendapatkan beragam manfaat.

Padatnya, rutinitas yang seolah-olah tiada henti, menumpuknya tugas kuliah atau pasca Ujian Akhir Semester (UAS). Semakin menambah keinginan diri, untuk memberikan self reward atas proses yang dijalani. Apalagi, bersantai di akhir pekan bersama keluarga maupun kerabat, tidak perlu jauh mencari tempat untuk bersantai.

1.Berlibur di Pantai Perkaya Vitamin D

Mungkin Anda sering mendengar bahwa paparan sinar matahari diperkaya dengan vitamin D yang baik bagi tubuh. Dikutip dari Beaty Jurnal, sumber vitamin yang didapatkan tergantung dari sebarapa banyak sinar UVB yang sampai kepada Anda. Cahaya tersebut yang nantinya akan bereaksi melawan kolesterol, kesehatan tulang, dan menciptakan kulit yang sehat. 

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah durasi kulit dibawah sinar matahari. Seperti yang kita ketahui, sinar matahari juga dapat menyebabkan kanker kulit. Sebagai solusi, Anda diperbolehkan berada sekitar 10 hingga 15 menit di bawah sinar matahari tanpa perlindungan apapun. 

Setelahnya, gunakan perlindungan dalam bentuk sunblock dengan minimal SPF 30 atau lebih tinggi untuk kesehatan kulit jangka panjang.

2.Pasir Pantai Jadi Eksfoliasi Pada Kulit Kaki

Eksfoliasi tak hanya dilakukan pada kulit wajah, melainkan pada kulit kaki juga. Dengan berjalan di atas pasir pantai, di saat itu pula Anda melakukan eksfoliasi pada kulit kaki. Pasir basah akan bertindak sebagai eksfoliator alami yang secara efektif mengangkat sel-sel kulit mati dari kaki Anda. Tentu saja, selain menyenangkan, berjalan di atas pantai juga akan membuat pori-pori terbuka hingga menjauhkan area kaki dari masalah kulit.

3.Air Laut Beri Tekstur Pada Rambut

Selain kulit, manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berlibur ke pantai adalah rambut yang bertekstur. Kandungan garam dalam air laut yang mengenai rambut dapat menyerap kelebihan minyak pada rambut. 

Walaupun menyerap minyak, hal ini tak akan membuat rambut rapuh dan kering. Ketika rambut kering, Anda akan mendapati rambut yang bertekstur dan lembut alami ketika disentuh. Menurut ahli, ini merupakan kondisi sempurna dari rambut Anda karena bebas dari produk berkandungan kimia. 

Selain rambut, tubuh juga mendapatkan efek positif dari air laut. Berbagai kandungan mineral baik seperti magnesium dan iodine mampu menyembuhkan infeksi, berperan sebagai detoksifikasi, dan mampu memberikan efek terapi yang tentunya bermanfaat bagi tubuh Anda.

4.Udara Laut Dan Sinar Matahari Mendatangkan Ide Positif

Menurut penelitian yang dilakukan Baker Heart Research Institute di Melbourne mengungkapkan bahwa sinar matahari mampu mempengaruhi suasana hati dan membuat seseorang lebih bahagia. 

Kadar serotonin yang dihasilkan dari sinar matahari dapat meningkat dan memiliki efek positif dalam melawan faktor-faktor seperti stres, susah tidur, dan berkurangnya nafsu makan. 

Sementara udara laut diketahui memiliki ion negatif yang ternyata mendatangkan manfaat bagi tubuh. Ion negatif ini dapat membantu menenangkan otak dan membuat Anda lebih tenang. 

5.Menurunkan Stres Pada Diri Anda

Percaya atau tidak, sekedar duduk di pasir pantai sembari membaca buku ataupun mencelupkan jari kaki ke air laut dan berjalan di sepanjang garis pantai mampu menghilangkan stres. 

Suara ombak juga memiliki efek menenangkan dan membantu seseorang mencapai keadaan meditasi, sehingga tak heran berada di pantai membuat Anda akan merasa tenang. Selain itu, sebuah studi yang dilakukan oleh University of Exeter membuktikan bahwa orang yang tinggal dekat dengan pantai dapat bermanfaat bagi kesehatan mental dan kesejahteraannya. (Wan)

error: Content is protected !!