Prof Muhammad Ilyasin Resmi Dikukuhkan Menjadi Guru Besar

Prof H Muhammad Ilyasin saat menyampaikan Orasi ilmiah usai pengukuhan Guru Besar di Aula Kampus I UINSI Samarinda, di Jalan KH Abul Hasan No 3, pada Jumat (22/7/2022). (Dok.Humas UINSI Samarinda/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Samarinda – Prof Dr H Muhammad Ilyasin, M Pd resmi dikukuhkan menjadi Guru Besar dalam bidang Ilmu Manajemen Pendidikan, di Aula Kampus I Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, di Jalan KH Abul Hasan No 3, pada Jumat (22/7/2022). 

Tak hanya itu, bersama dengan Prof Dr Muhammad Nasir, M Ag dalam bidang Ilmu Pengembangan Pendidikan Islam dan Prof Dr Alfitri, M Ag LL M, Ph.D bidang ilmu Hukum Islam juga dikukuhkan serta mendampingi agenda Rapat Senat Terbuka tersebut.

Dalam sambutan orasi ilmiahnya, Rektor UINSI Samarinda ini menyampaikan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) harus terus di topang dalam pembangunan manajemen pendidikan. Hal tersebut dilakukan agar dapat memberikan kontribusi terhadap kualitas kehidupan sosial masyarakat.

“SDM yang kuat dalam organisasi mutlak diperlukan sebagai tantangan menghadapi kehidupan sosial dimasyarakat yang meningkatkan kompetitif dan pragmatis hampir di semua sektor, tidak pada sektor pendidikan,” ungkapnya dikutip melalui laman resmi UINSI Samarinda.

Prosesi Agenda Pengukuhan Guru Besar di Aula Kampus I UINSI Samarinda di Jalan KH Abul Hasan No. 3, Jumat (22/7/2022).(Dok.Humas UINSI Samarinda/ Times Kaltim)

Dalam naskah pidato yang ditulis oleh Muhammad Ilyasin ini menjelaskan, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) sangat berperan penting terhadap terbentuknya SDM unggul yang berlandaskan tafaqquh fiddien.

“Tekhusus pada manajer pendidikan, tidak hanya fokus pada manajemen, tetapi fokus pada pelayanan pembelajaran, minat, bakat, dan bagaimana agar lembaga dan seluruh sistem di dalamnya mampu menjadi sarana pengembangan kreativitas peserta didik,” tandasnya. (*/Humas/Wan)