AdvertorialDiskominfo Provinsi KaltimPariwisataSamarinda

Pemprov Kaltim Fokus Pembangunan Destinasi Wisata Unggulan

65
×

Pemprov Kaltim Fokus Pembangunan Destinasi Wisata Unggulan

Sebarkan artikel ini

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kaltim, Restiawan Baihaqi (kiri).(Topan Setiawan/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Samarinda– Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyebutkan tengah fokus dalam mengembangkan destinasi wisata unggulan baru.

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kaltim, Restiawan Baihaqi menyatakan, Pemprov Kaltim dan Pemerintah kabupaten/kota telah menyepakati sejumlah komitmen dalam rangka pengembangan tersebut.

Dia melanjutkan, saat ini Kaltim memiliki 400 destinasi wisata, dan melalui komitmen bersama masing-masing kabupaten/kota telah memiliki tiga wisata unggulan sebanyak.

“Sehingga kita punya 30 destinasi unggulan yang bisa kita tawarkan kepada orang-orang yang datang ke Kaltim,” ujarnya, saat dikonfirmasi media Timeskaltim.com, Jumat (15/7/2022) siang.

Dia menjelaskan, sejumlah upaya yang dilakukan Pemprov Kaltim untuk menarik wisatawan sebanyak-banyaknya adalah memperkuat potensi-potensi wisata, menguatkan daya tarik tempat wisata dengan konsep 3A yakni atraksi, aksesibilitas, dan amenitas serta memfokuskan pada wisata ecotourism.

Baihaqi mencontohkan, destinasi wisata yang tengah didorong adalah wisata tiga danau yaitu danau Jempang, Melintang dan Semayang.

“Tiga danau ini kalau kita start berwisata dari Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara sampai seberang ada Desa Pela, yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Atraksinya ada pesut yang hanya ada di 5 negara,” jelasnya.

Selain itu, Baihaqi menyebutkan wisatawan juga dapat mengunjungi Desa Enggelam, yaitu sebuah desa yang terletak di tengah danau. 

Jika berkunjung ke sana, wisatawan dapat melihat keseharian masyarakat di danau tersebut yang dilengkapi dengan fasilitas homestay.

“Di situ kita kalau beruntung bisa melihat kerbau danau dan flora khas. Terus menggunakan speed boat sampai ke Desa Tanjung Isuy, kita bisa melihat kearifan lokal itu ada Ulap Doyo, tarian daerah dan lamin,” sebutnya.

“Sekarang Kaltim fokus mengenalkan destinasi tiga danau, di samping destinasi wisata yang lebih dulu terkenal seperti Derawan dan Maratua di Berau,” pungkasnya.(Wan/ADV/Kominfokaltim)

error: Content is protected !!