AdvertorialDiskominfo Provinsi KaltimPariwisata

Menparekraf Sandiaga Uno Puji Keindahan Desa Wisata Pela 

73
×

Menparekraf Sandiaga Uno Puji Keindahan Desa Wisata Pela 

Sebarkan artikel ini

Menparekraf RI Sandiaga Unp saat mengunjungi Desa Wisata Pela. (Ist)

Timeskaltim.com, Tenggarong – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia (RI) Sandiaga Salahuddin Uno, mengunjungi Desa Wisata Pela di Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (25/7/2022) kemarin.

Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Desa Pela yang baru pertama kali kedatangan menteri dari Pusat.

Kunjungan Menparekraf ini, dalam rangka peninjauan Desa Pela yang masuk dalam peringkat 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022.

Rombongan Kemenparekraf datang secara langsung melalui jalur darat dari Tenggarong. Lalu menaiki longboat menyusuri Sungai Mahakam dari Kecamatan Kota Bangun, untuk selanjutnya menuju Desa Pela yang terletak di pinggiran anak Sungai Mahakam dekat Danau Semayang.

Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Wakil Ketua Komisi X DPR-RI, Hetifah Sjaifudian dan Bupati Kukar, Edi Damansyah. Serta Wakil Gubernur (Wagub) Kalimatan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi turut hadir mendampingi kunjungan kerja sang menteri di Desa Pela.

Selain menyapa para warga lokal, Sandiaga Uno melihat langsung aktivitas pariwisata berbasis masyarakat. Diantaranya seperti menjala ikan, pembuatan kriya, sajian jajanan kuliner dan melihat Museum Desa Pela.

Menparekraf mengapresiasi prestasi Desa Pela yang berhasil masuk dalam peringkat 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 mewakili Kaltim.

“Hebat! Bisa merangsek ke 50 besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia. Padahal tahun lalu masih 100 besar. Ini bisa menjadi Desa Wisata kebanggan Kaltim dan Kukar,” ujar Sandiaga saat berada di Desa Pela, Senin (25/7/2022).

Sandi juga memberikan perhatian pada aktivitas konservasi Pesut Mahakam yang ada di Desa Pela. Ini lah yang menjadi keunggulan tersendiri dari desa ini. Selain menonjolkan wisata sungai juga mengangkat sisi konservasi habitat langka. 

“Aspek konservasi ini perlu ditingkatkan. Bagaimana mengedukasi nelayan untuk membantu menjaga populasi pesut Mahakam,”serunya.

Dalam kesempatan yang sama, Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno yang hadir langsung menyapa warga Desa Pela. Kedatangan Menparekraf ini dapat menjadi penyemangat dan motivasi bagi masyarakat untuk terus maju dan berkembang.

Ia juga berharap, kunjungan Menparekraf dapat meningkatkan prestasi dan potensi kepariwisataan yang ada di Desa Pela.

“Jadi kalau sekarang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata, dengan kedatangan Menteri bisa langsung jadi juara pertama,” kelakar Hadi yang diikuti tawa para warga.

Pemerintah Provinsi akan berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi Pariwisata Desa Pela. Serta menjadikan desa ini sebagai percontohan pengembangan desa wisata yang ada di wilayah Kaltim. (MFA/adv/KominfoKaltim)

error: Content is protected !!