Kolaborasi Lintas Bidang DPK Kaltim Membuahkan Hasil

Plt Kabid Deposit, Pelestarian, Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan, Patimah Irny. Dok: Balikpapan TV

Timeskaltim.com, Balikpapan – Masih banyak masyarakat Kaltim yang belum mengetahui koleksi yang masuk di dalam bidang Deposit, Pelestarian, Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim.

Ketika mengisi acara talkshow di salah satu tv lokal Balikpapan pada Jum’at (11/11), Plt Kabid Deposit, Pelestarian, Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan, Patimah Irny berkesempatan menerangkan koleksi apa saja yang mereka simpan.

“Jadi kami menyimpan koleksi khas Kaltim. Yakni koleksi yang diterbitkan di Kaltim ataupun yang diterbitkan di luar Kaltim, tetapi isinya mengenai Kaltim,”ungkap Patimah.

Patimah mengungkapkan, terdapat kurang lebih 19 ribu koleksi deposit. Koleksi tersebut berbentuk buku cetak, e-book, laporan, dan cetak gray (skripsi). Buku cetak mendominasi koleksi dengan jumlah sekitar 18 ribu. Sedangkan sisanya berjumlah sekitar seribu.

Namun beberapa waktu ini, lanjut Patimah, pihaknya menerima paling banyak skripsi dari pihak perguruan tinggi yang bekerjasama dengan DPK Kaltim melalui Bidang Otomasi dan Pelayanan Perpustakaan.

“Akhir-akhir ini paling banyak skripsi. Ini tidak terlepas dalam sosialisasi kami dan dari bidang pelayanan. Di bidang pelayanan itu kan ada namanya seksi kerjasama, mereka melakukan kerjasama ke berbagai perguruan tinggi,”katanya.

Melalui kerjasama itulah, pihak perguruan tinggi menyerahkan berbagai koleksi tugas akhir mahasiswa sehingga membantu DPK Kaltim dalam menambah khasanah koleksi deposit.(adv/FD/DPK Kaltim106)