Kukar

Diskominfo Kukar Perkuat KIM, Perluas Penyebaran Informasi

77
×

Diskominfo Kukar Perkuat KIM, Perluas Penyebaran Informasi

Sebarkan artikel ini
Sekretariatan KIM Kukar.(Dok)

Timeskaltim.com, Kukar – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar), terus kembangkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Hal tersebut bertujuan untuk memperluas penyebaran informasi ke Kelurahan dan Desa di Kukar.

Diketahui, KIM merupakan salah satu program kegiatan Diskominfo yang didasarkan pada Peraturan Menteri Kominfo RI Nomor 8 Tahun 2019. Program ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah melalui penyebaran informasi yang efektif dan akurat.

Melalui, Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Diskominfo Kukar, Sofyan Agus, mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya tengah fokus pada pembentukan forum KIM di berbagai kelurahan dan desa di Kukar.

“Saat ini, terdapat sekitar 105 KIM yang telah terbentuk dan tersebar di berbagai wilayah Kabupaten Kukar. Kelompok-kelompok ini berperan penting dalam menyebarluaskan informasi dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah,” ujar Sofyan saat diwawancara melalui saluran selulernya pada Kamis (23/05/2024).

Sofyan menjelaskan, bahwa pihaknya tidak memiliki target khusus dalam pembentukan KIM. Pemerintah daerah melalui Diskominfo lebih berfokus pada fasilitasi penyebaran informasi melalui sosialisasi, pelatihan, dan lainnya.

“Kami mengajarkan KIM bagaimana cara membuat konten, memahami kode etik, dan bagaimana cara mengambil serta menyiarkan sebuah informasi. Dengan demikian, mereka bisa menjadi penyebar informasi yang efektif di daerahnya,” tambahnya

Untuk memaksimalkan peran KIM, Diskominfo di tingkat provinsi setiap tahunnya mengadakan KIM Festival. Namun, Diskominfo belum memiliki program khusus untuk KIM karena tugas utama mereka adalah fasilitasi. Misalnya, baru-baru ini, Diskominfo memfasilitasi salah satu KIM dalam memperoleh sertifikasi halal untuk produk UMKM.

“Kami mendampingi KIM dalam bidang UMKM ke Dinas Koperasi dan UKM atau Disperindag untuk mendapatkan sertifikasi halal,” ujar Sofyan.

Sofyan berharap, dengan dibentuknya KIM, kelompok-kelompok ini dapat membantu penyebaran informasi yang ada di Kabupaten Kukar hingga ke tingkat kelurahan dan desa.

“Kami juga mengharapkan KIM ini bisa berperan serta dalam pembangunan pemerintah yang ada di Kabupaten, serta memberikan informasi yang akurat,” tutupnya. (Rob/Wan)

error: Content is protected !!