AdvertorialBalikpapanDiskominfo Provinsi KaltimPariwisata

Direktorat Kemenkraf RI Lakukan Sertifikasi Terhadap Pramuwisata Di Kaltim 

71
×

Direktorat Kemenkraf RI Lakukan Sertifikasi Terhadap Pramuwisata Di Kaltim 

Sebarkan artikel ini

Seluruh peserta Sertifikasi Pramuwisata Kalimantan Timur (Kaltim) di Hotel Platinum dan Mangrove Center Balikpapan, Minggu (3/7/2022) siang. (Ist)

Timeskaltim.com, Balikpapan – Direktorat Standardisasi Kompetensi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf) RI sukses menggelar Sertifikasi Pramuwisata Kalimantan Timur (Kaltim) di Hotel Platinum dan Mangrove Center Balikpapan, Minggu (3/7/2022) siang. 

Acara diikuti oleh 50 orang anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) mewakili 10 Kota/Kabupaten di Kaltim. 

Kegiatan ini digagas oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, bekerja sama dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kaltim, LSP Angin Mamiri dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sertifikasi kompetensi SDM pariwisata yang disiapkan oleh LSP Anging Mamiri adalah Pemandu Wisata Lokal, City tour, dan Overland.

Dalam sambutan, Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Irvan Rifai menyampaikan apresiasi atas fasilitasi kegiatan ini.

“Kaltim sebagai IKN maka harus banyak melakukan pelatihan di sektor Sumber Daya Manusia” paparnya dalam keterangan tertulisnya.

Senada, Direktur Standardisasi Kompetensi, Titin Lestari, menyampaikan perlunya penguatan pelatihan kompetensi demi peningkatan Sumber Daya bidang kepariwisataan.

“Momen Sertifikasi Pramuwisata Kalimantan Timur ini menjadi sangat penting, karena ke depan akan sangat dibutuhkan pramuwisata yang terstandar dan berkualitas,” ujarnya melalui rilis.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X, Hetifah Sjaifudian, berharap sertifikasi ini akan menjadi momentum penting agar dapat terus berkelanjutan.

Untuk itu diperlukan sekali re-skilling dan up-skilling bukan hanya daerah wisatanya saja tetapi juga skill dari para pramuwisata.

“Karena tulang punggung dari pariwisata ini ya dari kemampuan dan kapabilitas pramuwisata,” ujar politikus Golkar ini.

Hetifah juga menjelaskan, ke depan akan sangat banyak sekali event-event nasional dan internasional untuk menyambut IKN. Karena itu seluruh pihak harus tahu bagaimana standar pelayanan dalam menjamu tamu dan wisatawan.

“Ini tentu memerlukan persiapan,” tandasnya.(Wan/ADV/Kominfokaltim)

error: Content is protected !!