Kukar

Desa Jembayan Tengah Prioritaskan Program Pendidikan, Ciptakan Generasi Cerdas

406
×

Desa Jembayan Tengah Prioritaskan Program Pendidikan, Ciptakan Generasi Cerdas

Sebarkan artikel ini
Kades Jembayan Tengah, Masnur. (Roby Sugiarto/Times Kaltim)

Timeskaltim.com, Kukar – Di tengah pesatnya perkembangan globalisasi dan teknologi, pendidikan menjadi fondasi utama bagi kemajuan bangsa. Menyadari hal ini, Desa Jembayan Tengah, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar) telah memprioritaskan program pendidikan guna menciptakan generasi yang cerdas.

Kepala Desa (Kades) Jembayan Tengah, Masnur menegaskan, komitmennya dalam memajukan sektor pendidikan di wilayahnya agar dapat lebih berkembang.

“Pihak kami di Desa Jembayan Tengah telah memprioritaskan program pendidikan agar dapat menciptakan generasi yang cerdas dan berdaya saing,” ungkap Masnur saat diwawancarai Timeskaltim pada Jumat (07/06/2024)

Namun, Masnur mengungkapkan, upaya tersebut tidaklah tanpa tantangan, kendala utama yang dihadapi saat ini ialah, kurangnya fasilitas pendidikan, terutama di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Kami masih mengalami kesulitan bangunan untuk tingkat SMP. Di desa ini, kami memiliki dua Taman Kanak-Kanak (TK) dan dua Sekolah Dasar (SD), namun untuk SMP kami masih kekurangan fasilitas,” jelasnya.

Masnur bilang, Desa Jembayan Tengah sebenarnya telah memiliki lahan seluas kurang lebih dua hektar yang siap digunakan untuk pembangunan sekolah. Sayangnya, hingga kini bangunan SMP belum terealisasi.

“Kesulitan kami pada pendidikan tingkat SMP dari bangunan, karena kami memiliki lahan kurang lebih dua hektar, tapi bangunannya belum ada dan belum terealisasi,” lanjut Masnur.

Meski demikian, Masnur optimis bahwa solusi sudah di depan mata, Pemerintah Desa (Pemdes) tidak tinggal diam. Ia mengatakan, telah melakukan komunikasi intensif dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar untuk mengatasi masalah ini.

“Dinas pendidikan sendiri pun sudah merespon dan tahun ini rencananya akan dilakukan pembangunan dua lokal SMP,” tambahnya.

Masnur berharap, pembangunan fasilitas SMP dapat segera terealisasi mengingat banyaknya siswa yang membutuhkan.

“Harapan kami, bangunan untuk SMP dapat dibangun dengan cepat, dikarenakan murid di Desa Jembayan Tengah ini sangat banyak,” harapnya.

Dengan adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dan komitmen dari pihak desa, diharapkan program pendidikan di Desa Jembayan Tengah dapat berjalan lancar dan menghasilkan generasi penerus yang cerdas dan siap menghadapi tantangan masa depan. (Rob/Wan)

error: Content is protected !!