Manfaatkan Aset Terbengkalai, DPK Kaltim Akan Buat Perpustakaan Baru  

Bagikan :
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Bagikan :

Hotel Eks Atlet yang Tak Terpakai. (Ist)

Timeskaltim.com, Samarinda – Diketahui, kondisi Gedung Perpustakaan Daerah Provinsi Kaltim yang berada di Jalan Ir Juanda sedikit memprihatinkan. Terutama ketika banjir melanda kawasan tersebut,  lantai satu perpustakaan akan terkena air. 

Menurut keterangan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim Syafranuddin, setiap banjir dipastikan area parkir pengunjung penuh akan air. Hal ini berdampak kepada jumlah kunjungan dan kualitas buku. 

“Kondisi gedung kami sering kebanjiran, posisinya yang di tempat parkir. Itulah yang mempengaruhi tingkat kunjungan. Kalau banjir, kami naikkan (buku) ke lantai 2, tapi tidak bisa kita naikkan itu cuma server lagi. Yang penting kalau bisa seberapa dinaikkan supaya aman dari banjirlah dulu,”terang Ivan, panggilannya. 

Dengan kondisi tersebut, di bawah kepemimpinan Ivan, DPK Kaltim ingin memberikan perpustakan yang representatif kepada masyarakat Kaltim. Namun, yang menjadi menarik ialah Ivan tidak akan merenovasi gedung lama tersebut. Tetapi, ia ingin memanfaatkan eks Hotel Atlet yang berada di Gor Kadrie Oening.

Memang, sudah lama aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim itu terbengkalai selama puluhan tahun. Sehingga, memberikan kesempatan besar untuk dimanfaatkan oleh DPK Kaltim. 

“Kami tengah berusaha bisa meminta untuk menggunakan eks hotel atlet agar pelayanannya lebih maksimal dan pengunjung itu lebih nyaman,”ujarnya. 

Secara desain awal, Ivan menyatakan akan ada beberapa area tertentu. Seperti arena bermain anak-anak, orang dewasa, mahasiswa, hingga untuk sektor perekonomian. 

“Jadi perpus itu tidak hanya melulu tentang baca buku, tapi juga memberi peluang usaha bagi UMKM,”tutupnya.(adv/FD/DPK Kaltim)

Baca Juga:  Pemprov Kaltim Raih Tiga Penghargaan Sekaligus Pada Ajang BKN Award 2022
Trending

Most Recent

01

Amankan Dokumen Penting Masyarakat Kaltim Melalui

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim, Syafranuddin. (Halid/TimesKaltim) Timeskaltim.com, Samarinda – Jika masyarakat mengalami

Favorite
02

Kemudahan Pengarsipan OPD di Wilayah Pemprov

Kepala DPK Kaltim, Syafranuddin. (Aji/TimesKaltim) Timeskaltim.com, Samarinda – SRIKANDI adalah aplikasi termutakhir yang dinisiasi oleh

Favorite
03

Denda Keterlambatan Pengembalian Buku Bukan Hukuman  

Kepala DPK Kaltim, Syafranuddin. (Halid/TimesKaltim) Timeskaltim.com, Samarinda – Tak sedikit anggota perpustakaan daerah provinsi Kaltim lupa

Favorite
04

Perpustakaan Daerah Kaltim Direncanakan Buka Hingga

Perpustakaan Daerah Provinsi Kaltim. (ISTIMEWA)  Timeskaltim.com, Samarinda – Semenjak pandemi COVID-19 menerjang Indonesia, tak terkecuali

Favorite