Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Kaltim

DPK Kaltim Turut Serta Dalam Seminar Internasional Kearsipan

125
×

DPK Kaltim Turut Serta Dalam Seminar Internasional Kearsipan

Sebarkan artikel ini

Seminar Internasioan Kearsipan yang dilaksanakan ANRI. (Ist)

Timeskaltim.com, Samarinda – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim mengikuti acara Internasional Kearsipan, dengan tema “Audiovisual Archives Presevation Strategies”, pada Minggu (6/11/2023), di Kantor Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta.

Arsiparis Ahli Madya DPK Kaltim Dewi Susanti yang menghadiri acara tersebut menerangkan kepada media hasil yang didapatkan seminar internasional tingkat ASEAN tersebut. Salah satu pembahasan ialah mengenai penyelamatan arsip.

“Mereka menampilkan video-video penyelamatan arsip penting yang mendunia di negaranya masing-masing,” ucap Dewi saat ditemui wartawan, pada Jum’at (10/11/2023).

Dikatakan Dewi, dirinya sangat antisipasi dan bangga dapat mewakili pihak DPK Kaltim dalam mengikuti kegiatan itu. Banyak pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan selama acara berlangsung. Khususnya dalam penyelamatan arsip yang memuat sejarah mendalam.

“Banyak hikmah yang kami dapat dalam kegiatan itu, seperti bagaimana untuk melakukan perservasi arsip-arsip statis yang ada di kelembagaan,” lanjutnya.

Di Kaltim sendiri memiliki arsip-arsip yang ada sejak Pemerintahan Hindia-Belanda. Arsip statis itu sangat bernilai sejarah jadi perlu perlakuan khusus untuk penyelamatannya.

“Kami sebagai penggerak, penggiat, penyelamat arsip di Kaltim, saat ini memiliki arsip-arsip dari tua dari tahun 40-an,” pungkasnya. (adv/nik)

error: Content is protected !!