DPK Kaltim Akan Buat Diorama Arsip, Ajak Masyarakat Kenali Musim Kaltim 

Bagikan :
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Bagikan :

Kepala DPK Kaltim, Syafranuddin.(IST)

Timeskaltim.com, Samarinda – Desain awang-awang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim yang akan menggunakan eks Hotel Atlit semakin membuat ketertarikan tersendiri. Diketahui, dibawah kepemimpinan Syafranuddin, DPK Kaltim terus menerus memberikan terobosan baru. Seperti keinginan memanfaatkan eks Hotel Atlit sebagai Pusat Perpustakaan Daerah. 

Kepala DPK Kaltim, Syafranuddin, menyatakan pihaknya akan membuka pameran Diorama Arsip. Diorama Arsip ini dibuat dengan memadukan seni dan teknologi, sehingga terlihat menonton film layar besar. 

“Kalau bisa di atas Keong Emas, sehingga pengunjung bisa menikmati sekaligus menggali sejarah dan belajar akan sejarah Kaltim dari jaman kerajaan hingga sekarang. Selain itu ada juga film tambang, perkayuan, dan sebagainya,” terangnya. 

Ivan, panggilan akrabnya, mengungkapkan bahwa Kaltim dikenal dengan berbagai musim perindustrian. Dari musim perkayuan, minyak, emas, perkebunan, hingga batu bara. 

“Kaltim ini tambang batubara pertama kali ada di Loa Kulu, bekas-bekas penambangan itu sudah tidak ada. InshaAllah kami akan menggalinya hingga bisa menjadi sebuah dokumen yang baik dan edukasi,”lanjut Ivan. 

Tetapi, hingga saat ini, peristiwa yang membuat nama Kaltim tersohor dengan sebutan ‘Daerah Kaya’ belum terdokumentasikan dengan baik. Tidak ada tayangan yang bisa mengajak masyarakat luas mengetahui seluk-beluk masing-masing musim tersebut. Dari latar belakang inilah, Ivan ingin membuat Diorama Arsip. 

“Pokoknya, pengunjung nggak bosan. Nah, selama menonton pengunjung akan disajikan data-data atau dokumen sejarah plus audio yang bagus,”tutupnya. (adv/FD/DPKKaltim)

Baca Juga:  Wagub Kaltim Harapkan Pengajuan DBH Disetujui Pusat 
Trending

Most Recent

01

Amankan Dokumen Penting Masyarakat Kaltim Melalui

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim, Syafranuddin. (Halid/TimesKaltim) Timeskaltim.com, Samarinda – Jika masyarakat mengalami

Favorite
02

Kemudahan Pengarsipan OPD di Wilayah Pemprov

Kepala DPK Kaltim, Syafranuddin. (Aji/TimesKaltim) Timeskaltim.com, Samarinda – SRIKANDI adalah aplikasi termutakhir yang dinisiasi oleh

Favorite
03

Denda Keterlambatan Pengembalian Buku Bukan Hukuman  

Kepala DPK Kaltim, Syafranuddin. (Halid/TimesKaltim) Timeskaltim.com, Samarinda – Tak sedikit anggota perpustakaan daerah provinsi Kaltim lupa

Favorite
04

Perpustakaan Daerah Kaltim Direncanakan Buka Hingga

Perpustakaan Daerah Provinsi Kaltim. (ISTIMEWA)  Timeskaltim.com, Samarinda – Semenjak pandemi COVID-19 menerjang Indonesia, tak terkecuali

Favorite