Buku Baru Didistribusikan Secara Berkala, DPK Kaltim Tetap Rawat Buku Lawas  

Bagikan :
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Bagikan :

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim, Syafranuddin. (Halid/TimesKaltim)

Timeskaltim.com, Samarinda – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim selalu melakukan penambahan koleksi buku di Perpustakaan Daerah Provinsi Kaltim Jalan Ir Juanda secara berkala. Hal ini agar varian buku tetap mengikuti tren terkini. 

Kepala DPK Kaltim, Syafranuddin mengungkapkan, pihaknya menerima buku baru tiap tahunnya. Koleksi buku ini tergantung dari perkembangan terbitannya sendiri. 

“Kita lihat dari tren saat ini, itu juga kami mengakomodir. Harapan-harapan pengunjung selama ini, buku-buku yang mereka cari masih ada di perpustakaan,”ujarnya. 

Meskipun koleksi buku terbaru terus bertambah, namun pihaknya tidak melupakan koleksi-koleksi buku yang tahun penerbitannya sudah lama. Atau, bisa dikatakan tahun penerbitnya di atas tahun 2000. 

Ivan, panggilan akrabnya, menyatakan pihaknya terus merawat buku-buku yang mereka miliki untuk mencegah terjadinya jamur atau rusak dimakan rayap. 

“Itu ada semacam kaya’ obat, jadi kita nggak sembarangan juga. Jadi ada obat-obat buat pengawet gitu. Seperti buku-buku khusus yang misalnya dari tahun 70an. Di situ ada untuk menjaga kertasnya jangan robek supaya tidak dimakan rayap. Ada teman-teman yang memiliki keahlian untuk merawat buku,”jelas Ivan. 

Jika memang kondisi sudah buruk, maka pihaknya akan melakukan pembaharuan kondisi buku melalui ahli media yang mereka miliki. Hal yang dilakukan layaknya fotokopi. Tetapi dengan perkembangan teknologi digital semakin canggih, pihaknya juga mengamankan buku dengan mengalihkannya sebagai e-book. Sehingga pengunjung perpustakaan masih bisa menikmati buku dari tahun penerbit lama.(adv/FD/DPK Kaltim)

Baca Juga:  Faisal: Rapergub Penyelenggaraan Statistik Sektoral Tak Bisa Dilebur 
Trending

Most Recent

01

Amankan Dokumen Penting Masyarakat Kaltim Melalui

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim, Syafranuddin. (Halid/TimesKaltim) Timeskaltim.com, Samarinda – Jika masyarakat mengalami

Favorite
02

Kemudahan Pengarsipan OPD di Wilayah Pemprov

Kepala DPK Kaltim, Syafranuddin. (Aji/TimesKaltim) Timeskaltim.com, Samarinda – SRIKANDI adalah aplikasi termutakhir yang dinisiasi oleh

Favorite
03

Denda Keterlambatan Pengembalian Buku Bukan Hukuman  

Kepala DPK Kaltim, Syafranuddin. (Halid/TimesKaltim) Timeskaltim.com, Samarinda – Tak sedikit anggota perpustakaan daerah provinsi Kaltim lupa

Favorite
04

Perpustakaan Daerah Kaltim Direncanakan Buka Hingga

Perpustakaan Daerah Provinsi Kaltim. (ISTIMEWA)  Timeskaltim.com, Samarinda – Semenjak pandemi COVID-19 menerjang Indonesia, tak terkecuali

Favorite