PPU

Andi Singkeru Lantik Pengurus Saka POM Kwarcab PPU

44
×

Andi Singkeru Lantik Pengurus Saka POM Kwarcab PPU

Sebarkan artikel ini

Teks Foto: Pelantikan Pengurus Saka POM Kwarcab PPU. (Dok)

Timeskaltim.com, PPU – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan PPU, Andi Singkerru, melantik sembilan orang pengurus Majelis Pembimbing (Mabi) dan 26 orang pengurus Cabang Rintisan Satuan Karya (Saka) Pengawas Obat dan Makanan (POM) Kabupaten PPU. 

Acara pelantikan tersebut berlangsung pada Kamis (02/11/2023) di Gedung Graha Pemuda.

Tampak hadir dalam acara ini perwakilan dari Pengurus Kwarcab, Dewan Kerja Cabang, Kwartir Ranting (Kwarran), dan Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dari empat kecamatan, serta pimpinan cabang Saka Bhakti Husada Penajam, pengurus Pimpinan Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), dan peserta didik dari SMA Negeri I dan SMK Pelita Gama Kabupaten PPU.

Andi Singkerru dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pimpinan cabang dan Majelis Pembimbing Saka POM yang baru dilantik. Ia menekankan pentingnya ikrar dalam gerakan Pramuka karena itu adalah tindakan sukarela.

Ia juga menjelaskan bahwa pembentukan Saka POM di PPU adalah langkah awal untuk memberikan pendidikan dan pelatihan di bidang pengawasan obat dan makanan kepada anggota Pramuka, terutama Penegak dan Pandega.

“Langkah ini bisa menjadi sarana bagi pemerintah untuk meningkatkan kualitas produk yang aman dan sehat yang dikonsumsi masyarakat,” ujar Andi Singkeru pada Kamis, (3/11/2023).

Di kesempatan yang sama, Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Samarinda, yang juga merupakan Majelis Pembimbing Saka POM PPU, Sem Lapik, menjelaskan bahwa pelantikan ini merupakan yang keenam di enam kabupaten di Kalimantan Timur. Ia berharap dengan semakin banyak pengurus cabang rintisan Saka POM di seluruh Indonesia, Saka POM akan segera diakui sebagai salah satu Saka dalam Musyawarah Nasional (Munas) yang akan datang.

“Saka POM akan menjadi salah satu Saka pada Januari 2024, dan kami memohon dukungan dari semua pihak karena kalian semua adalah basis kami,” kata Lapik.

Pada akhir acara pelantikan, ada juga sosialisasi mengenai Krida Informasi Obat dan Makanan. Yang disampaikan oleh narasumber dari BBPOM Samarinda yang juga merupakan Pimpinan Cabang Saka POM Kabupaten PPU, Genta Nila Hadi. (Adv/Aby/Wan)